Home / Berita Gambar / “Kongres Nasional III Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI)”

“Kongres Nasional III Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI)”

Bandung. BEREDUKASI.Com — SEJAK hari Senin (25/9/2017), Kepala SDN 166 Ciateul Kota Bandung,  Sri Hendrawati, M.Pd sedang mengikuti kegiatan “Kongres Nasional III Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI)”  yang sedang berlangsung di Grand Asrilia Hotel Bandung, mulai dari tanggal 25 s/d 27 September 2017.

“Kongres Nasional III Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI)”. Sedang berlangsung di Grand Asrilia Hotel Bandung, mulai dari tgl 25 s/d 27 September 2017. BEREDUKASI.Com menyajikan Kegiatan ini dalam Rubrik “Ragam Info Dalam Gambar”.

Kegiatan kongres “AKSI” ini, mendapat “support” penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Acara dihadiri oleh Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Kadisdik Kota Bandung dan Ketua DPP AKSI.

Sebagai peserta kongres,  Sri Hendrawati menjelaskan, bahwa tujuan “Kongres Nasional III AKSI” adalah untuk mengadakan pemilihan Ketua Umum periode 2017-2022. Serta meningkatkan kemampuan “leadership” kepala sekolah, memahami kebijakan yang berkaitan dengan peran strategis Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan,  memberi penguatan kepada Kepala Sekolah dalam pengembangan “Karier”. Serta mensosialisasikan Budaya Literasi dan Teknologi Informasi, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Para Peserta Kongres yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kongres dihadiri dan dibuka oleh Direktur GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Dr. Drs. Bambang Winarji, M.Pd, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Hadadi, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Dr.  Elih Sudiapermana, M.Pd dan tentu saja Ketua Umum DPP AKSI periode 2012-2017 yaitu Drs. H. Cucu Saputra, M.MPd.

Persembahan Seni Sunda Angklung dari SMAN 3 Bandung.

Dalam sambutannya Direktur GTK menyampaikan, bahwa kepala sekolah merupakan guru yang diangkat sebagai kepala sekolah, berperan sebagai “Manajer”. Sehingga karir kepsek harus dikawal dengan regulasi yang tepat. Jenjang karir kepala sekolah perlu dipertimbangkan sesuai dengan sistem karir “ASN” yang dapat bergerak secara Vertikal,  Horisontal bahkan Diagonal. Misalnya jika seorang kepsek memiliki kompetensi dan kinerja yang baik atau berada pada rentang R1 atau R2 menurut hasil penilaian PKB-nya. Maka Kepsek tersebut, bisa direkomendasikan untuk menjadi Pengawas atau Tenaga Struktural di Dinas Pendidikan. Hal ini tentunya akan menjamin karir Kepsek sebagai Jabatan melekat atau dikenal dengan istilah “KS Never Ending”.

Persembahan Paduan Suara dari SMAN 5 Bandung.

Pada laporan pertanggungjawabannya, Cucu Saputra menyampaikan, bahwa peran “AKSI” selama lebih dari 12 tahun sejak dibentuk, sangat strategis dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan. Khususnya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perkepalasekolahan. Sala satu kontribusi “AKSI” adalah perjuangan untuk mendudukan posisi kepsek sesuai tupoksinya yang kini termaktub dalam PP no 19/2017 diantaranya adalah sebagai Manajer dan Supervisor.

Persembahan dari Program Khusus Siswi SMK Papua belajar di Jawa Barat.

Terdapat PR besar bagi “AKSI” untuk terus mendorong kinerja dan profesionalisme para kepsek, agar mutu pendidikan yang dicita-citakan dapat tercapai. “AKSI” merupakan organisasi yang berbadan hukum dan jelas legal formalnya. Dengan demikian kedudukan  “AKSI” adalah sebagai “Mitra” Dinas Pendidikan dan  Kemdikbud dalam mewujudkan tujuan Nasional Pendidikan.

Ada yang menarik juga dari acara “Kongres Nasional III “AKSI” kali ini yaitu digelar bertepatan dengan “Hari Jadi Kota Bandung”. Bahkan melihat animo dan antusiasme para peserta yang hadir dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Dan dihadiri lebih dari 600 Kepala Sekolah dan unsur pendidikan terkait ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan kongres ini.

Semoga kongres ini dapat berjalan lancar dan dapat  rekomendasi sebagai masukan bagi “Kemajuan Pendidikan di Tanah Air”. (Red)

About admin

Check Also

Generasi Lintas Budaya Menggelar #BahanaKebangsaan Dengan Melibatkan Artis Dan Tokoh………!

Bandung, BEREDUKASI.Com — MESKI kondisi pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan, tapi bukan berarti masyarakat tidak bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.