Home / Featured / Purwakarta Gelar “Pasanggiri Anggana Sekar Kawih Sunda Ke- 3 Tingkat SMP/MTs”……!

Purwakarta Gelar “Pasanggiri Anggana Sekar Kawih Sunda Ke- 3 Tingkat SMP/MTs”……!

Purwakarta, BEREDUKASI.Com — DINAS Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Mengadakan Lomba Kawih Sunda bertempat di Aula Gedung Bale Kesenian Linuhung Jl. Veteran Blok Anggrek No.17.

Acara yang yang berlangsung pada hari Rabu (17/10/18) ini, diikuti oleh 32 siswa dan 32 siswi ini, berlangsung mulai pukul 08.30 s/d 20.40.WIB. Selain dihadiri oleh pejabat dinas setempat, juga dinilai oleh Tiga Juri kondang seperti Hj. Ida Rosida, Ikik Setiawan, S. Kar dan Uus Karwati, M. Sen.

Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, H. Purwanto, M. Pd menerangkan, seni Kawih Sunda memiliki nilai filosofi budipekerti yang luhur.

“Dalam pengajaran Kawih Sunda, peserta didik dan guru belajar mengenal jati dirinya,” kata H. Purwanto, dalam sambutannya.

Selain itu para pengiring/pamirig  waditra yang berjumlah empat orang ini, merupakan alumni dari  UPI Bandung.

Rudi Iskandar, pemain kendang merasa senang telah diikut sertakan sebagai pengiring/pamirig dalam Lomba Kawih ini.

“Senang dan cukup pegal juga sih, memukul kendang selama kurang lebih 12 jam ini hahaha…,” ujar Rudi, sambil tertawa saat sesi beristirahat, sesudah menjalankan shalat.

Disamping itu panitia penyelenggara H. Ade Suriadin berharap. Agar pihak sekolah memberikan pengajaran khusus tentang Seni Kawih Sunda, kepada para siswa-siswi SMP maupun MTS.

“Sebaiknya untuk menjaga tradisi Seni Kawih Sunda ini, dijadikan ekstrakurikuler disekolah,” katanya.

Selain H. Ade Suriadin, juru Kawih Sunda kondang Hj. Ida Rosida, berkomentar mengenai pengalamanya menjadi Juri, “Terima kasih atas kepercayaan Disdik Kabupaten Purwakarta, atas kepercayaannya kepada saya, untuk menjadi Juri yang ke 3 kalinya. Dalam Lomba Kawih Sunda”.

Hj. Ida Rosida menjelaskan, baginya penilaian intonasi dan vibrasi suara adalah hal yang diutamakan.

“Ketiga Juri Lomba Kawih Sunda ini adalah murid saya. Jadi dalam penilaian, pasti sama prinsipnya,” katanya.

Dalam Lomba Kawih Sunda ini, para peserta putra banyak yang membawakan Kawih yang berjudul “Hariring Haleuang” dan Kawih “Mutri Citra Resmi”. Sedangkan untuk peserta putri banyak membawakan Kawih “Duh… Indung” dan “Kukupu”.

Para pemenang Lomba Kawih Sunda tingkat SMP dan MTs ini, terpilih 4 Juara Harapan Putra, 3 Juara Putra dan 1 Juara Putri.

Acara Lomba Kawih Sunda ini, diahiri dengan menampilkan Hj. Ida Rosida. Melantunkan beberapa Kawih karya dari Mang Koko Koswara (alm) yang juga ayah dari Hj. Ida Rosida. (Naurid Ilyasa)

About admin

Check Also

Pada Kegiatan TMMD Kodim 0608/Cianjur Bersama BKKBN Gelar Sosialisasi Keluarga Berencana Dan Covid-19……..!

Cikalongkulon, BEREDUKASI.Com — KODIM 0608/Cianjur bersama Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Menggelar Sosialisasi Keluarga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.