SDN Talun 04 Kabupaten Bandung Diresmikan Ibu Negara Sang Proklamator Ir. Soekarno Tahun 1958 Yaitu Ibu Fatmawati…..!

Kabupaten Bandung, BEREDUKASI.Com — SEJARAH berdirinya Sekolah Dasar Negeri Talun 04 di Kampung Talun, Desa Tanggulun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, sangat penuh dengan “History”.

Kenapa tidak….?

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Talun 04 ini, diresmikan oleh Ibu Negara Sang Proklamator Ir. Soekarno pada tahun 1958 yaitu Ibu Fatmawati.

Dari saksi sejarah yang masih hidup yaitu Ramnah yang kini telah berusia 83 tahun ini. Memberikan keterangan, bahwa SDN Talun 04 tidak pernah berganti nama hingga sekarang. Bahkan ruangan kelas yang digunakan adalah dapur milik salaseorang warga saat itu.

“Untuk belajar waktu itu, terpaksa harus numpang di dapur milik warga,” tutur Ramnah yang disampaikan putri keduanya Atin Solihat, S.Pd.

Ibu Ramnah sebagai saksi sejarah yang masih hidup, kondisinya kini sangat lemah. Nada bicacaranya pun tidak jelas tapi ingatan masih akurat.

Dari data yang disampaikan Atin Solihat, S.Pd yang juga Guru kelas V SDN Talun 04 untuk memiliki bangunan sendiri tidaklah mudah. Berbagai langkah dan berdiskusi dengan para tokoh saat itu. Dan berdirilah bangunan SDN Talun 04. Meskipun ketika itu kondisinya sangat tidak memadai.

“Dari pengakuan ibu saya, yang juga sebagai tenaga pengajar pada waktu itu. Muridnya membludak. Bukan hanya dari Kecamatan Ibun saja, tetapi dari Kecamatan Majalaya dan Paseh pun mereka datang bergerombol, ingin sekolah di SD Talun,” ungkapnya.

Menurutnya, ruangan dapur yang digunakan untuk tempat belajar, adalah milik Bu Hasanah yang juga sebagai Pendiri, sekaligus Kepala Sekolah saat itu.

“Jadi Bu Hasanah lah….yang mencetuskan SD Talun 04. Hingga beliau sebagai Kepala Sekolah nya. Dan ia sudah meninggal dunia beberapa tahun lalu,” ungkap Atin Solihat, selaku Guru kelas V di SDN Talun 04 tersebut.

Setelah memiliki bangunan sendiri yang merupakan tanah hibah dari Bu Hasanah dan merasa memadai. Tahun 1958 resmi digunakan sebagai bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) oleh Ibu Negara, Fatmawati.

Ketika BEREDUKASI.Com menyambangi ke sekolah tersebut, terlihat kondisi bangunan sudah beridiri kokoh. Meski ada sebagian ruangan yang harus direnovasi. Dan terlihat di ruangan Kepala Sekolah, berjejer sejumlah Piala dan Piagam Penghargaan.

Ketika dikonfirmasi langsung ke Kepala Sekolah, terkait dengan Piala dan Piagam Penghargaan tersebut. Pihak sekolah mengatakan, kalau itu semua adalah hasil dari Prestasi para peserta didik SDN Talun 04. Sebagian diantaranya yaitu hasil dari mengikuti berbagai  perlombaan IMTAQ.

“IMTAQ itu mencakup perlombaan Pildacil, Qasidah, Kaligrafi, MTQ dan MHQ,” ujar Kepala Hj. Ai Suryani, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SDN Talun 04 Kabupaten Bandung.

Dijelaskan oleh Kepsek, kini para peserta didiknya. Tengah mempersiapkan untuk mengikuti IMTAQ tingkat Kabupaten Bandung.

“Yang didapat itu tingkat Kecamatan. Kini tengah mempersiapkan diri untuk maju di tingkat Kabupaten,” kata Sang Kepsek.

Sementara itu, Guru Agama SDN Talun 04, Lilis Saripah menjelaskan peserta didiknya yang diikutsertakan dalam perlombaan IMTAQ tingkat Kecamatan, tiap tahunnya selalu menyabet Juara Pertama.

“Alhamdulillah para peserta didik yang menjadi peserta dan ikut dalam perlombaan itu, kerap menyabet Juara Satu,” jelasnya.

SDN Talun 04 kini memiliki kompleks SD yang disebut dengan SD Kompleks Tanggulun, terdiri dari SD Talun V,  SD Talun I, SD Tanggulun 2, SD Tanggulun 3. Semua jni tentunya, setelah dilakukan “merger” antara SD Talun V dan SD Tanggulun 3.

“Kini jumlah peserta didik, bisa terkendali dan terkontrol. Begitupun dalam hal Prestasi ataupun dalam proses belajar mengajar,” jelas Kepala Sekolah SDN Talun 04, Hj. Ai Suryani, S.Pd. (Budi S. Ombik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.