Pemkab Purwakarta Launching Aplikasi untuk Pemerintahan yang “Good Governance” dan “Clean Government”……!

Purwakarta, BEREDUKASI.Com — PEMERINTAH Kabupaten Purwakarta resmi melaunching aplikasi SIMDA perencanaan (E-Planning) yang mulai digunakan dalam penyusunan dokumen perencanaan Kabupaten Purwakarta 2019.  Hal ini merupakan wujud komitmen Pemerintah untuk menjadikan pemerintahan yang “Good Governance” dan “Clean Government”. 

“Pemkab Purwakarta mulai menerapkan pengintegrasian E-Planning  pada tahun 2019. Langkah pengintegrasian ini berangkat dari kebutuhan Kabupaten Purwakarta, dalam proses Perencanaan dan Penganggaran,” ujar Kepala Bappeda Purwakarta Aep Durrohman saat acara launching E-Planning. Di Aula Janaka Pemkab Purwakarta, Kamis (11/04/2019). 

Dengan diterapkannya E-planning ini diharapkan berdampak pada tertibnya penyusunan dokumen perencanaan secara berjenjang. Serta penyusunannya memenuhi semua aspek yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan, terutama aspek kecepatan waktu dan substansi.

“E-Planning juga akan diintegrasikan dengan E-Budgeting, sehinggga database perencanaan dan penganggaran menjadi hanya satu data. Sehingga memudahkan dalam pengendalian dan pelaporan,” ujar Aep kepada BEREDUKASI.Com.

Plt Sekda Iyus Permana, mengapresiasi adanya aplikasi E-Planning. Hal ini merupakan bentuk pengembangan manajemen pemerintahan, kepada seluruh perangkat daerah untuk tetap bersatu. Dalam rangka mengawal kesinambungan jalannya pembangunan. Dengan menempatkan kepentingan masyarakat diatas kepentingan sektor maupun masing-masing kelembagaan. Sehingga pelaksanaan pembangunan dapat sesuai dengan harapan kita semua. 

“Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta melalui pemanfaatan teknologi informasi,” ungkap Iyus di tempat yang sama.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula sosialisasi peran SIMDA perencanaan dalam penyusunan dokumen perencanaan, serta pembinaan dan pengawasan penyelengaraan Pemda yang disampaikan oleh BPKP Provinsi Jawa Barat. (Wief)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.