Home / Featured / Kabupaten Purwakarta Meningkatkan Jumlah Wirausahawan Mandiri……!

Kabupaten Purwakarta Meningkatkan Jumlah Wirausahawan Mandiri……!

Purwakarta, BEREDUKASI.Com — UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Purwakarta. Bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang, meluncurkan pelatihan program Mobile Training Unit (MTU) untuk masyarakat di Desa dan Asosiasi– Asosiasi Umum Masyarakat.

Disnaker Purwakarta, bersama BLK Lembang luncurkan Program Mobile Training Unit ini, untuk menunjang perekonomian Desa

Dalam kesempatan ini Program MTU di berikan untuk tiga Desa yang terpilih yakni Desa Mekarjaya Kec. Kiarapedes, Desa Cibening Kec. Bungursari dan Desa Kertamanah Kec. Pasawahan Kab.Purwakarta

Agenda sosialisasi di Desa Cibening Kec. Bungursari dan Desa Kertajaya Kec. Pasawahan, selain itu setiap 16 Peserta/Desa yang terpilih mendapatkan, Seragam, Sepatu dan Sertifikat.

Kepala Bidang Pelatihan & Produktifitas Disnaker Purwakarta H.Aman Suparman S.Pd MM mengatakan, tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan jumlah Wirausahawan Mandiri.

“Saya harapkan masyarakat setelah pelatihan ini bisa menguasai Ilmu dan Jiwa Wira Usaha. Agar program MTU ini bisa terus berjalan dan berkembang di Kab. Purwakarta,” terang Aman, seusai sosialisasi pembukaan MTU di Purwakarta. Kamis(1/8/19).

Bahkan untuk peserta yang sudah menguasai materi, pihaknya siap membantu menyalurkan hasil produksinya ke Dinas UMKM atau Indursti & Perdagangan Kab. Purwakarta.

“Untuk peserta yang berhasil menerapkan materi “Bintek” nya. Kita akan bantu menyalurkan hasil produksinya, melalui pelayanan yang ada di Dinas Industri dan Perdagangan dan UMKM,” ujar H. Aman Suparman.

Dari tiga Desa yang terpilih Kasi Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Purwakarta, Elis Mulia Sundawati S.Pd menambahkan. Salasatu program dari Balai Latihan Kerja Lembang adalah pelatihan–pelatihan Pertanian dan Peternakan.

“Kebetulan untuk Desa Cibening, kami mengajukan program ke Balai Besar Latihan Kerja Lembang. Dan mendapatkan pelatihan pengolahan hasil pertanian yakni Budidaya Jamur dan untuk Desa Kertamanah pengolahan Daging Ikan,” terang Elis.

Pelayanan progam MTU ini “Gratis” untuk masyarakat dari Pemkab Purwakarta.

“Pelatihan ini tujuannya untuk mempermudah masyarakat, dalam memperoleh pelayanan PBK secara Gratis dan dilaksanakan di daerah sendiri,” ungkapnya kepada BEREDUKASI.Com.

Di hari yang sama Agus Sopian selaku Kades Cibening, memberi apresiasi kepada Pemkab Purwakarta. Melalui Disnaker atas perhatiannya yang mendorong perekonomian warga Desa itu.

“Semoga pelatihan tersebut bermanfaat bagi warga, khususnya Desa Cibening. Sehingga bisa menciptakan Wira Usaha baru, untuk meningkatkan perekonomian warga di wilayah di Desa Cibening,” Imbuhnya saat memberi sambutan. (Ade Suhada/Wief)

About admin

Check Also

Kota Bandung Jadi Tuan Rumah Kejurnas Kempo 2019……!

Bandung, BEREDUKASI.Com — KOTA Bandung akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Kempo 2019. Yang digelar pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *