Home / Featured / Gembiranya Warga SDN 061 Cijerah Kota Bandung Menyambut “Hari Batik Nasional”….!

Gembiranya Warga SDN 061 Cijerah Kota Bandung Menyambut “Hari Batik Nasional”….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — DALAM rangka memperingati “Hari Batik Nasional” pada hari Rabu, (2/10/19).

Hari Batik Nasional di SDN 061 CIJERAH diperingati dengan seluruh warga sekolah mengenakan Baju Batik. Lingkungan sekolah termasuk seluruh ruangan dihias nuansa Batik. Dan diadakan pula lomba kreativitas siswa-siswi yaitu Menggambar Batik.

“Hal ini dilakukan agar mendidik siswa untuk mencintai Budaya tanah air kita yaitu Seni Batik. Dan melestarikan Budaya kita agar tidak punah dan tidak diakui oleh negara lain,” papar Eneng Lany, Plt. Kepala SDN 061 Cijerah Kota Bandung.

“Semoga peringatan “Hari Batik Nasional” tanggal 2 Oktober 2019 ini.emberikan manfaat untuk warga SDN 061 Cijerah khususnya,” imbuhnya lagi.

Seluruh warga SDN 061 Cijerah Kota Bandung, turut serta memperingatinya dengan cara :

  1. Semua warga sekolah SDN 061 Cijerah Kota Bandung. Mengenakan Seragam Batik, pada hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.
  2. Menghias sekolah dengan kibaran kain batik di sekeliling halaman sekolah. Dengan motif batik titik-titik berwarna kuning, tidak lupa ruang Guru (Meja Guru). Menggunakan taplak meja dari kain batik warna marun, Ruang Kepala Sekolah beserta meja sekolah. Begitupun meja TU, Meja Piala dihias dengan Batik warna marun ditambah hiasan Batik Salur Putih Cokelat.
  3. Siswa dikenalkan dengan Ragam Batik Budaya Indonesia. Dengan cara Mewarnai Gambar Batik yang sudah dibuat Guru untuk siswa kelas 1-3 serta untuk siswa kelas 4-6. Dengan cara menggambar Batik Kreasi sendiri.

Dikarenakan kondisi sekolah, sehingga tidak dapat membatik langsung melalui media kain. Dan alat membatik yaitu Canting. Tetapi para peserta didik bisa menggambar, melalui media  kertas gambar.

“Walaupun tidak menggambar langsung di media kain. Tetapi para peserta didik, walaupun menggambar hanya memakai kertas gambar. Sudah terlihat sangat senang dan gembira,” jelas Ujang, selaku staf di SDN 061 Cijerah Kota Bandung. (Ujang)

About admin

Check Also

Kota Bandung Jadi Tuan Rumah Kejurnas Kempo 2019……!

Bandung, BEREDUKASI.Com — KOTA Bandung akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Kempo 2019. Yang digelar pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *