Home / Featured / Wujudkan Daya Saing Bangsa Melalui Inovasi Perguruan Tinggi………..!

Wujudkan Daya Saing Bangsa Melalui Inovasi Perguruan Tinggi………..!

Sumedang, BEREDUKASI.Com —
MENGUSUNG tema “Mewujudkan Daya Saing Bangsa Melalui Inovasi Perguruan Tinggi”, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV.

PMenyelenggarakan Pameran Inovasi Perguruan Tinggi, Job Fair dan Gerak Jalan Santai di Gedung Diklat LLDIKTI Wilayah IV Jatinangor, pada tanggal 12-14 Desember 2019.

Adapun peserta yang mengikuti pameran sebanyak 60 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan total produk sebanyak 122 dari total 317 produk yang mengikuti seleksi.

Job fair dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 12 s/d 13 Desember 2019. Dan Puncak Acara akan dilaksanakan Lomba Gerak Jalan Santai yang diikuti oleh kurang lebih 170 Tim.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. ,Rektor Universitas Widyatama Prof. Dr. Obsatar Sinaga, M.Si., Ketua ABPPTSI Banten Drs. PO Abas Sunarya, Ketua KORPRI sekaligus Ketua Paguyuban Besar LLDIKTI Wilayah IV Prof. Dr. Endang Komara, M.Pd.

Ketua Penyelenggara Entin Hartini S.sos M.Si, mengulas bahwa perguruan tinggi. Khususnya di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV. Memiliki potensi produk inovasi yang sangat besar. Namun, banyak diantaranya produk inovasi yang akhirnya tidak diproduksi lagi atau Discontinue.

“Salasatu penyebabnya adalah minimnya media untuk mempromosikan dan mengekspos. Serta menjadi wadah bertemunya penyedia teknologi, industri dan pengguna untuk saling mengetahui kebutuhan dan ketersediaan inovasi teknologi yang ada,” tandasnya.

LLDIKTI berdasarkan Permenristekdikti no 15 tahun 2018 pasal 3 LLDIKTI. Mempunyai tugas melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan Tinggi di wilayah kerjanya. Memiliki keinginan dan komitmen dalam mendorong hasil- hasil yang menjadi sebuah inovasi produk teknologi, penyerapan lulusan sebagai tenaga kerja. Serta serta dalam upaya melaksanakan program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dan dalam rangka Ulang Tahun LLDIKTI ke-1.

“Adanya pameran inovasi ini diharapkan akan menjadi tren pasar yang digemari. Dan sebaik mungkin dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri,” ulasnya lagi.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. dalam sambutannya pada pembukaan acara Kamis (12/12/19), menyampaikan bahwa Pameran Inovasi ini merupakan perwujudan dari MoU yang telah dibuat tahun 2018. MoU tersebut merupakan jembatan untuk menunjukan bahwa seluruh PTS itu sejajar.

“Pameran inovasi ini bisa dijadikan ajang silaturahmi antar Perguruan Tinggi. Barangkali yang dipamerkan ini memiliki benang merah yang sama, dengan demikian penelitian tidak lagi dilakukan oleh Perguruan Tinggi. Apalagi perseorangan tapi akan terbentuk suatu forum untuk berkolaborasi antar Perguruan Tinggi dalam membuat suatu penelitian,” jelasnya.

Kegiatan ini, terang Prof Uman, sebagai bentuk untuk memberikan kesempatan kepada Perguruan Tinggi, menunjukkan program-program inovasi unggulan yang memang dibangun dari penelitian yang sudah dilakukan.

“Kami pun mengundang Industri sebagai upaya untuk ajang promosi dan awal dari kepercayaan dunia industri. Kepada Perguruan Tinggi baik dalam riset maupun aplikasi dari inovasi yang ada,” ulasnya.

Adapun, Rektor Universitas Widyatama Prof. Dr. Obsatar Sinaga, M.Si. bahwa dalam acara ini Widyatama dipercaya oleh LLDIKTI wilayah IV. Dalam menyelenggarakan Job Fair, karena pada tahun ini Widyatama memecahkan Rekor MURI. Untuk acara Job Fair terlama, yakni 46 jam nonstop dan mendapat pengunjung yang sangat banyak.

“Dengan acara ini semoga Universitas Widyatama, menjadi Percontohan Pusat Karir. Bagi Perguruan Tinggi di Indonesia,” jelasnya. (Tiwi Kasavela).

About admin

Check Also

Generasi Lintas Budaya Menggelar #BahanaKebangsaan Dengan Melibatkan Artis Dan Tokoh………!

Bandung, BEREDUKASI.Com — MESKI kondisi pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan, tapi bukan berarti masyarakat tidak bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.