Home / Featured / PAk Merupakan Bagian Dari Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Kearifan Lokal Berbasis Jabar Masagi…….!

PAk Merupakan Bagian Dari Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Kearifan Lokal Berbasis Jabar Masagi…….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — SEBANYAK 39 Sekolah terpilih menjadi Sekolah Model Pendidikan Antikorupsi (PAk) di Jawa Barat. Setelah metode penerapan PAk di sekolah rampung, seluruh sekolah tersebut diharapkan mampu menerapkan program tersebut secara maksimal .

Ketua Tim PAk Dinas Pendidikan Jabar, Tini Sugairtini mengatakan, ketika semua penyusunan materi telah dilaksanakan, sekolah model atau percontohan akan mulai menerapkannya paling lambat Februari 2020.

Pemilihan Sekolah Model PAk, lanjutnya, dibagi per Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah (kacadisdikwil). Tiap wilayah memiliki Tiga Sekolah Model yang terdiri dari Tiga Jenjang berbeda, yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

“Adapun pemilihan Sekolah Model dirumuskan oleh tiap Perwakilan Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah di Kacadisdikwil masing-masing,” tuturnya, saat dihubungi, Jumat (10/1/2020).

Setelah mulai menerapkan program tersebut, ungkap Tini, Tim PAk Disdik Jabar. Akan mengadakan monitoring evaluasi guna menganalisis pelaksanaannya.

“Setelah itu, sekolah berkewajiban mengimbaskan ke Lima Sekolah terdekat. Diharapkan, akan ada efek Domino. Sehingga PAk ini bisa merata ke seluruh sekolah,” ucapnya.

Tini menegaskan, penerapan PAk di sekolah tidak akan menambah beban sekolah. Karena bersifat insersi melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, bukan mata pelajaran baru. Selain itu, penerapannya pun bisa disisipkan melalui pembiasaan-pembiasaan.

“PAk merupakan bagian dari Pendidikan Karakter dengan pendekatan kearifan lokal berbasis Jabar Masagi,” pungkasnya. (Hum/Red).

About admin

Check Also

Generasi Lintas Budaya Menggelar #BahanaKebangsaan Dengan Melibatkan Artis Dan Tokoh………!

Bandung, BEREDUKASI.Com — MESKI kondisi pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan, tapi bukan berarti masyarakat tidak bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.