Home / Featured / Di Jawa Barat 11 Pasien Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Pulih…..!

Di Jawa Barat 11 Pasien Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Pulih…..!

Bandung, BEREDUKASI.Com – PEMERINTAH Daerah Provinsi Jawa Barat, sejak seminggu lalu telah mendistribusikan perangkat Rapid Test kepada Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Jabar.

Dari hasil Rapid Test tersebut, data hingga 31 Maret 2016 pukul 16.00, telah dilakukan kepada 10.597 orang dengan 9.995 orang negatif, dan sebanyak 409 positif.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar Berli Hamdani, dari 409 warga yang diketahui Positif Corona, berdasarkan hasil Rapid Test, akan dilakukan tes lanjutan dalam bentuk Test Swab dan VTM.

“Test Swab nya dilakukan Upaten/Kota. Bisa di Rumah Sakit atau di Labkes Kabupaten/Kota. Setelah dilakukan Tes Swab, hasil tesnya dikirim ke Labkesda Provinsi. Nanti, dari 409 Positif Corona ini, baru bisa dilihat hasil akhirnya setelah dilakukan PCR oleh Labkesda Provinsi Jabar,” ungkapnya Kamis (2/3/2020).

Karena ketersediaan perangkat untuk Diketahui Tes Swab yang masih sedikit, maka Labkesda Provinsi Jawa Barat. Harus berbagi dengan Labkes Kabupaten/Kota dan hanya memberikan Tes Swab kepada pasien yang tepat sasaran.

“Tes Swab hanya diberikan kepada Pasien Positif berdasarkan hasil tes Rapid atau PDP. Untuk menambah persediaan perangkat Tes Swab, dan VTM (Virus Transfer Media). Kami juga saat ini mendapat bantuan dari Unpad dan RSHS, serta sedang meminta tambahan kepada Balitbangkes,” terangnya.

Untuk 409 Warga yang dinyatakan Positif berdasarkan hasil Rapid Tes, akan dilakukan pelacakan riwayat kontak oleh Tim Screening dari Bidang PDP (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinas Kesehatan, di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan Rapid Test maupun Tes Swab akan terus dilakukan sampai dinyatakan oleh pemerintah bahwa penyebaran wabah Covid-19 ini berakhir.

Pihaknya optimistis, Covid-19 bisa ditaklukkan meski tak mudah dan butuh waktu. Sebagai bukti, lebih dari 175.000 Pasien Positif Covid-19 di dunia berhasil sembuh. Di Jabar, 11 Pasien Positif telah dinyatakan pulih (Ris).

About admin

Check Also

Tunjangan ASN Purwakarta Dipangkas Guna Bantu Warga Terdampak Covid-19…….?

Purwakarta, BEREDUKASI.Com — SIANG tadi, Selasa (26/5/2020) merupakan hari pertama mereka memulai rutinitasnya untuk melayani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.