Home / Featured / Yuk…..! Gabung Jadi Relawan Covid-19……!

Yuk…..! Gabung Jadi Relawan Covid-19……!

Bandung, BEREDUKASI.Com – DINAS Komunikasi dan Informatika Jabar melalui aplikasi PIKOBAR membuka Rekrutmen Relawan Medis dan Non Medis serta mengumpulkan Donasi untuk penanganan Covid-19 di Jabar.

Sejak pendaftaran relawan dibuka 30 Maret lalu, Kepala Diskominfo Jabar Setiaji mengatakan, sudah ada kurang lebih 1.300 orang yang mendaftarkan diri. Untuk menjadi Relawan di periode Project 30 Maret hingga 29 Mei 2020.

“Dan hari ini kami sudah menugaskan beberapa orang relawan yang sudah terpilih untuk membantu kelangsungan kegiatan Tes Masif di Bandung,” ujar Setiaji, di Kota Bandung, Rabu (1/4/2020).

Adapun formasi Relawan Medis yang dibutuhkan adalah Surveilans, Perawat, Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Paru, Dokter Umum, Analis (Laborat/Analis) dan Phlebotomist (Pengambil Spesimen).

Sementara kebutuhan Relawan Non Medis terdiri dari UI/UX Designer, Media dan Publikasi, Runner, Tim Logistik, Public Health Policy Researcher, Public Policy Rresearcher, Data Entry, Back end Developer, Front end Developer, hingga Product Manager.

Dirinya pun berujar, dua tahap rekrutmen yakni Pengisian Formulir (Screening) dan Wawancara dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat. Nantinya, Relawan yang tergabung akan mendapatkan Sertifikat Tanda Kontribusi.

Sementara itu, Kepala UPT Pusat Layanan Digital, Data dan Informasi Geospasial (Jabar Digital Service/JDS) Diskominfo Jabar, Agi Agung Galuh Purwa menjelaskan, saat ini Phlebotomist banyak dibutuhkan untuk kegiatan Tes Masif sebagai upaya Jabar untuk memonitor jumlah dan persebaran Covid-19.

“Selanjutnya Dokter dan Perawat memegang peranan penting, apalagi jika nanti ada kebutuhan tambahan Tenaga Medis di Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan) yang sudah ada,” ucap Agi.

Selain menjadi Relawan, warga pun bisa bersinergi dan berkolaborasi bersama Pemdaprov Jabar. Dengan mendonasikan dana melalui https://kitabisa.com/campaign/bergeraklawancorona atau lewat aplikasi PIKOBAR.

Adapun hingga Rabu (1/4/2020) pukul 15:30 WIB, bantuan dana untuk Jabar Bergerak Lawan Corona…! melalui aplikasi PIKOBAR dan situsweb penyedia layanan donasi tercatat berjumlah Rp.288 juta dari target Rp10 miliar.

Angka tersebut didapat dar keringanan tangan 1.248 Donatur. Sebelumnya, sudah dicairkan sebesar Rp.169,5 juta pada Senin (30/3/2020) untuk pembelian APD demi menunjang kebutuhan Fasyankes serta pembuatandar Wastafel Portabel di area Publik. (Ris).

About admin

Check Also

Tunjangan ASN Purwakarta Dipangkas Guna Bantu Warga Terdampak Covid-19…….?

Purwakarta, BEREDUKASI.Com — SIANG tadi, Selasa (26/5/2020) merupakan hari pertama mereka memulai rutinitasnya untuk melayani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.