23.4 C
Indonesia
Tuesday, 31 January 2023
spot_img

Acara “Ikrar” Bandung Santun di SMPN 15 Kota Bandung…..!

Bandung, BEREDUKASI.COM — Beberapa waktu yang lalu SMP Negeri 15 Kota Bandung. Mengadakan “Ikrar” Bandung Santun dan unjuk kemampuan siswa-siswi di lingkungan sekolah Jl. DR. Setiabudhi No.89, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung.

Dalam kegiatan ini, Kabid PSMP Dinas Pendidikan Kota Bandung,  Dr. H. Hadiana Soeriaatmadja, M.Pd. Yang didampingi beberapa Kepala Sekolah, turut menghadiri acara tersebut dan memberikan sambutannya.

“Suasana pagi ini dan lingkungan sekolah sudah indah. Namun keindahannya akan lebih sempurna lagi jika pola pikir dan tutur kata serta bahasa warga SMP Negeri 15 Kota Bandung ini.  Penuh dengan tata sopan santun dan puji-pujian yang positif,” kata Hadiana.

Tentunya, keindahan itu tidak datang dengan sendirinya. Namun juga perlu diusahakan, lewat berbagai terobosan dan program. Yang telah diwujudnyatakan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Dan keindahan yang diharapkan itu bukan hanya berakhir dalam bentuk sebuah konsep belaka. Melainkan terwujud nyata dalam karakter dan perilaku setiap pribadi.

“Mengenai prilaku, hal ini juga sesuai dengan ajaran dan nilai luhur yang tekandung dalam bahasa Sunda. Sudah menjadi kebiasaan dan mendarah daging bagi orang Sunda untuk meminta maaf. Bahkan meminta maaf sekali pun mereka tidak melakukan kesalahan pada orang lain, “Punten” (Permisi). “Hatur nuhun” (Terimakasih), tahu dan sadar untuk berterima kasih atas kebaikan orang lain, baik terhadap pribadi maupun kebaikan yang dilakukan terhadap orang lain,” tambahnya.

“Wilujeng”. Bagi sebagian orang terlalu berat untuk membuka mata dan mulut menyatakan selamat. Selamat ulang tahun misalnya, selamat merayakan hari agama, selamat atas keberhasilan orang lain. Bagi orang Sunda sudah menjadi hal yang sangat lumrah untuk mengucapkan selamat kepada sesama.

Setelah selesai acara sambutan, para siswa-siswi pun melakukan penandatanganan lembaran “Ikrar” Bandung Santun. Dilanjutkan dengan “Kaulinan Barudak” Ajang STEM, (Pembuatan Jempatan dari Koran), Seni Budaya Kreativitas Modern dan Tradisional. Dan berkunjungan ke Mesium dan Lab. IPA UPI.

Jhon Ruski Tamahiwu Humas/PPID, SMPN 15 Kota Bandung pun mengungkapkan. Bahwa ia berharap acara ini dapat memberikan manfaat dan motivasi kepada siswa-siswi. Dimana semangatnya terus bertunas, tumbuh kembang, berbuah di hati sanubari serta mewujud nyata dalam perilaku siswa. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU