Alief Muhhammad Hanafie Giat Dalam Berda'wah dan Motivator...! - Beredukasi.com
Home / Ragam Informasi / Alief Muhhammad Hanafie Giat Dalam Berda’wah dan Motivator…!

Alief Muhhammad Hanafie Giat Dalam Berda’wah dan Motivator…!

Alief Muhhammad Hanafie Giat Dalam Berdawah 1Bandung, BEREDUKASI.Com — MEMILIKI jiwa positif, kreatif dan membangun sesama, adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Apalagi jika dapat mengembangkannya secara bersama-sama dalam sebuah Komunitas atau Lembaga. Dalam hal ini, tentu saja dampaknya akan jauh lebih besar.

Inilah yang menjadi perhatian Alief Muhammad Hanafie, seorang “Trainer” dan “Aktivis Da’wah” asal kota Bandung.

Alief Muhhammad Hanafie Giat Dalam Berdawah 3Alief lewat Organisasi Arrahman Group, terus berupaya menjaring kepedulian sosial dan karakter. Baik mulai dari Public Speaking, Wirausaha dan hal-hal yang lainnya. Tentu saja dalam prosesnya juga, diikuti dengan nilai-nilai keagamaan dimana anggotanya dapat saling berbagi ilmu pengetahuan masing-masing. Terlebih hal ini didukung juga dengan adanya pelatihan ke sekolah-sekolah, perusahaan swasta dan intansi pemerintahan.

Alief bercerita, bahwa awal mula dirinya tertarik dengan dunia “Trainer” dan “Da’wah” yaitu sejak kelas 2 SMA. Dia berpikir bahwa jika kegiatan hanya diisi dengan sekolah saja, tentunya  kurang optimal. Sehingga dia berusaha untuk lebih meningkatkan kwalitas dirinya, untuk hal-hal yang bermanfaat bagi banyak orang.  Dari situlah akhirnya termotivasi, ingin menjadi seorang “Trainer”.

“Saya memulainya dengan membaca buku-buku keagamaan, kemudian juga membaca buku-buku psikologi. Karena jika kita mempelajari karakter manusia,  tentu kita juga akan lebih mudah dalam berinteraksi. Terlebih  memahami orang lain adalah sesuatu yang cukup penting bagi seorang “Motivator’,” jelas Alief dengan nada bicara penuh semangat.

Alief Muhhammad Hanafie Giat Dalam Berdawah 4Setelah tamat SMA dia kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sejak tahun 2012 dia bersama beberapa teman-temannya, mendirikan “Komunitas Four Life” atau disingkat dengan “4 Life”.

Komunitas ini merupakan upaya untuk meningkatkan kepedulian bagi sesama, dimana pemuda dilatih untuk mengembangkan karakter, minat juga bakatnya.

Dalam Komunitas “4 Life”, akan diajari mengenai pentingnya bersosialisasi dan juga bermasyarakat. Sehingga tidak sibuk dengan aktivitas pribadi saja. Tetapi dapat memberikan kesadaran, jika hidup itu harus berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan perhatian dan bantuan.

“Ya…selain material, tentu ada bantuan secara mental. Kita sempat juga menyumbangkan uang dan pakaian ketika ada bencana alam. Kemudian berbagi bersama kaum dhuafa dan bagi-bagi nasi boxs,” terang bungsu dari dua bersaudara ini.

Alief merasa bahwa masa muda, merupakan masa yang cukup potensial. Daripada waktunya hanya dipakai untuk bersantai. Dia lebih memilih untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Saling memberi dukungan untuk berbuat baik.

Dalam salasatu agenda “4 Life” yaitu ada satu agenda yang disebut “Street Motivator”. Para anggota “4 Life” sering “terjun” pke jalan dan memberikan motivasi untuk orang-orang yang memiliki masalah. Dengan cara menjadi pendengar dan memberikan solusi.

Alief Muhhammad Hanafie Giat Dalam Berdawah 2“Ini merupakan salasatu cara untuk membangun mental juga “Mindset”. Pentingnya sebuah perkumpulan  yang bisa mengumpulkan pemuda-pemudi dalam hal yang positif. salasatunya lewat Ar-rahman Group yaitu Lembaga Da’wah yang berdiri sejak 2014. Didalamnya ada “Training Motivasi Islami” tapi penerapannya dengan cara gaul. Serta menawarkan pelatihan Public Speaking, Entrepreneurship, Pelatihan IT dan lain sebagainya.” tutur pemuda kelahiran 25 November 1993 ini.

Alief juga bercerita bahwa Islam baginya sudah menjadi “The Way Of Life”. Dimana segala aplikasi dan implementasi, dilandasi dengan ajaran Islam. Sebab kesemuanya itu bagi Alief, da’wah merupakan panggilan jiwa juga kewajiban.

“Kedepannya saya berharap, bahwa Arrahman Group bisa semakin maju, memiliki banyak cabang bahkan bisa menjadi “Business Centre”. Bisa menjadi perusahaan yang mapan di tahun 2030. Serta tentunya dapat menjadi tempat berbagi ilmu dan sekolah bagi mereka yang kurang mampu.”

papar Alif Muhammad Hanafie, menjelaskan kepada BEREDUKASI.Com.

Bagi Alief Muhammad Hanafie, generasi muda haruslah menjadi bagian dari “Agent Of Change”. Dimana lulusannya bisa menjadi pembaharu untuk hal-hal yang lebih progresif. Dan semua itu bisa dimulai dengan membaca  buku, juga membaca alam disekitarnya. Tentang segala fenomena yang nantinya bisa meningkatkan rasa peka untuk membangun masyarakat. (Tiwi Kasavela)

About admin

Check Also

photostudio 1618397798555

Melalui Keppres Cuti Bersama ASN Selama Tahun 2021, Hanya Dua Hari…….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — PRESIDEN RI, Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *