Andi "Omes" Sopiandi Antara Melukis Dan Fotografi....! - Beredukasi.com
Home / Berita Gambar / Andi “Omes” Sopiandi Antara Melukis Dan Fotografi….!

Andi “Omes” Sopiandi Antara Melukis Dan Fotografi….!

Bandung. BEREDUKASI.Com – LOKASI “Sanggar Gambar Andi” Jl. Bapa Husen Dalam No 3 Bandung.

Nah…dari sanggar inilah telah menghasilkan pelukis-pelukis cilik yang cukup handal. Bahkan masih ada beberapa anak didiknya, sejak duduk di bangku SD (Sekolah Dasar) sampai sekarang sudah kuliah di salasatu Perguruan Tinggi sangat terkenal di Bandung. Masih terus belajar menggambar di sanggar ini.

IMG 20170924 WA0102Andi Sopiandi atau lebih “sohor” dengan nama Andi “Omes” Sopiandi. Mengaku dirinya mulai melukis sejak usia 6 tahun dan belajar secara otodidak.

IMG 20170924 WA0106“Saya membuka sanggar ini, berlari dari mengajar dulu dibeberapa sanggar gambar di Bandung. Akhirnya ya saya membuka sanggar sendiri hahaha…,” kata sang empunya “Sanggar Gambar Andi” yang dirintisnya sejak tahun 2004 ini sambil tertawa lepas.

Para murid-murid asuhnya terdiri dari usia 5 tahun hingga 18 tahun. Bahkan sempat ada yang dewasa.

IMG 20170924 WA0105“Kalau saya belajar menggambar dari kecil sejak usia 6 tahun. Melukis 18 tahun tanpa seorang guru. Dari hobi yang menghasilkan, akhirnya serius menjadi pelukis dan pengajar. Malahan secara akademik saya lulusan SMA lho.. hahaha…,” papar Andi yang selalu diselingi dengan tertawa alias “Omes” yang artinya dalam bahasa Sunda adalah orang yang suka bercanda.

IMG 20170924 WA0104“Cara saya mengajar, memang selalu diselingi dengan canda. Bukan apa-apa biar lebih santai dan nyaman. Kalau tegang boro-boro pengen menggambar atau melukis, pengennya ya…cepat pulang hahaha..,” lagi-lagi dengan tawanya.

Sebagian lukisan karya Andi Sopiandi, telah dikoleksi oleh para kolektor lukisan baik dari dalam maupun luar negeri.

Pengalamannya memang sudah tidak diragukan lagi. 1989 Bekerja di salasatu perusahaan asing bagian Enggraver. 1990 Menjadi Desainer di Pusat Pendidikan Komputer Widyaloka Bandung.

Begitupun dengan pameran lukisan, pernah Pameran Tunggal pada tahun 1987 Pameran Tunggal I di Husein Sastranegara Bandung.
1992 Pameran Tunggal II di Pusat Kebudayaan Prancis Bandung. 2001 Pameran Tunggal III di Hotel Santika Bandung. 2006 Pameran Tunggal IV di Arion Swiss Belhotel Bandung.

Begitupun dengan Pameran Bersama dengan pelukis lainnya. Diantaranya tahun 2015 Pameran Lukisan Pelukis Jawa Barat Memperingati KAA Ke 60 di Gedung Sate. Tahun 2015 Pameran Lukisan Karya Urang Sunda di Gedung Perpustakaan Ajip Rosidi. Tahun 2016 Pameran Lukisan Papuri ARTefak Laut Kidul di Papuri Art Gallery Djarum.

“Pameran bersama sering juga dilaksanakan. Bahkan kalau disebutkan satu-satu kayaknya kepanjangan hahaha….,” kata Andi kembali dengan candanya.

Dan tahun 2017 ini, Andi Sopiandi diundang dalam acara Asian International Friendship Exhibition 2017
“INDONESIA : JAPAN FRIENDSHIP EXHIBITION”. ‘Cross Culture Cross Identity’. The Diversity Of Indonesian Contemporary Art.
Eco Gallery, Shinjuku, Tokyo, Japan.

“Alhamdulillah selain melukis dan mengajar menggambar, saya juga senang dengan fotografer,” kata Andi yang sekarang ini, dipercaya juga menjadi Redaktur Foto disalasatu Media Online.

Kegiatan lainnya selain menjadi pelukis dan mengajar menggambar yaitu menjadi Fotografer. Bahkan kerap Menjadi juri berbagai Lomba Menggambar dan fotografi sejak 1990 sampai sekarang. Jadi Fotografer Lepas, Wartawan Foto dan sekarang menjadi Redaktur Foto di voiceofbandung.com. Tahun 1999 Masuk dalam Buku Profil Top Profesional dan Profesi Indonesia. Tahun 2007 Menjadi Kurator Foto Pameran Foto “Matahati” karya Budhi Ipoeng. Tahun 2007 Menjadi Ilustrator Buku di Dusseldorf Jerman dan masih banyak lagi.

Bahkan sejak tahun 2016 sampai sekarang mengajar melukis di Lapas Wanita Sukamiskin Bandung. (HKS).

About admin

Check Also

photostudio 1618397798555

Melalui Keppres Cuti Bersama ASN Selama Tahun 2021, Hanya Dua Hari…….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — PRESIDEN RI, Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *