27.4 C
Indonesia
Sunday, 4 December 2022
spot_img

Belajar Mengenal Demokrasi di DPR RI…..!

Jakarta, BEREDUKASI.Com — KEMBALI DPR RI, mendapat kunjungan tamu edukasi. Kali ini kujungan edukasi tersebut, datang dari Madrasah Aliyah MAI, Purwakarta. Kamis,(13/12/18).

Dalam kunjungan edukasi tersebut, Erna Agustina Kepala Subag Penerangan Humas Sekjen DPR RI menyambut hangat kunjungan tersebut.

“Kami akan selalu bersikap terbuka bagi para tamu edukasi,” kata Erna saat bincang bersama di ruang Sidang DPR RI.

Erna Menjelaskan Kunjungan tamu edukasi, bukan saja hanya kalangan pelajar hingga mahasiswa saja. Tapi masyarakat umum yang memang memerlukan pengetahuan dibidang Birokrasi dan Demokrasi.

“Biasanya jika untuk pelajar dari TK, hingga SMA itu selalu melalui bidang Pranata Humas,” katanya lagi.

Kepala Subag. Penerangan Humas Sekjen DPR RI itu menerangkan. Jika tamu edukasi khusus mahasiswa langsung diterima oleh Pejabat Sekjen.

“Semua kami terangkan dari mulai struktur kenegaraan, hingga bagian -bagian benda yang berada di dalam ruang sidang DPR RI,” ujarnya.

Erna Agustina menerangkan, bahwa meski tujuanya sama menyampaikan pola kenegaraan. Namun memiliki perbedaan bahasa dan metode. Hal tersebut tergantung dari tingkat pendidikan tamu edukasi tersebut.

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah Aliyah MAI Purwakarta, Ating Supardi, S.Pd, M.Pd menerangkan, kegiatan kunjungan tersebut. Agar Siswa-siswi bukan hanya belajar PKN dan Sosiologi dalam kelas. Namun acara tersebut mengenalkan siswa-siswi bagaimana praktisi dan realitas di lapangan.

Selain menjadi pembelajaran yang menjadi tugas sebuah laporan pada siswa-siswi. Tugas Akhir Semester Ganjil ini, menjadi nilai tertinggi dalam bidang kurikulum.

“Untuk Itu kami tekankan pada siswa-siswi sekalipun tidak ikut studitur ke DPR RI. Diwajibkan membut laporanran dan praktik di DPRD,” tegasnya.

Selain melakukan praktik di Aula sidang DPR RI, para siswa-siswi Aliyah MAI Purwakarta, juga belajar sejarah pergerakan Nasional di tempat tersebut.

“Senang…karena bisa duduk langsung di kursi DPR RI tanpa perlu ikut jadi Caleg,” kata Rizkya salaseorang siswi Aliyah MAI Purwakarta. Dirinya menceritakan pengalamannya pertama masuk ke DPR RI.

“Ya…. senang sekali saya jadi mendapat arahan dalam mengikuti Pemilihan Umum nanti,” terangnya.

Seusai cara di DPR RI tersebut, para siswa-siswi dan Guru Pembimbing Berwidia Eisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Naurid Ilyasa)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU