22.4 C
Indonesia
Saturday, 1 October 2022
spot_img

Camping Pendidikan Dasar (CPD) SMP Negeri 5 Bandung 2018….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — PENDIDIKAN Kepramukaan merupakan proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan ahlak mulia.

Pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai–nilai Kepramukaan. Pendidikan Kepramukaan berisi, perpaduan proses pengembangan nilai sikap. Sebagaimana diamanatkan oleh Permendikbud RI No.63 Tahun 2014. Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan Ekstrakulikuler Wajib, pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

“Pelaksanaan CPD ini merupakan salasatu penguatan pendidikan karakter. Melalui kegiatan camping selama dua hari. Dan merupakan implementasi dari pendidikan Pramuka bagi siswa kelas 7 yang didapat setiap hari Jum’at di sekolah,” jelas Dra. Juhaeti, MM, selaku Wakasek SMPN 5 Bandung.

Kegiatan CPD sudah berlangsung selama dua hari yaitu hari Selasa s/d Rabu, (25 s/d 26/9/18). Bertempat di area perkemahan Paku Haji di Jl. Gofur, Cimahi. Dengan diikuti oleh 327 siswa-siswi Pramuka dan 30 Pendamping.

“Dan ini merupakan kegiatan masa jeda tengah semester I,” imbuhnya.

Struktur organisasi Kepramukaan di SMPN 5 Bandung. Saat ini telah dibina oleh Rian Ardian Nugraha, S.Pd yang tahun lalu telah mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) kepramukaan. Sekaligus Rian adalah guru Bahasa Indonesia di SMPN 5 Bandung.

Selain itu, ada beberapa guru dan tenaga kependidikan yang membantu proses berlangsungnya kegiatan Pramuka. Seperti Bu Juju, Bu Neneng, Bu Elis, Bu Fitria, Pak Yayan, Pak Agin, Pak Asep Komarudin (Asko). Serta kedua pelatih dari Unisba yang bernama Kak Ihsan dan Kak Isti.

Kegiatan yang diberinama Camping Pelatihan Dasar (CPD) yang dilaksanakan di Paku Haji Cimahi ini dengan Tema Kegiatan yaitu “Implementasi Pendidikan Gerakan Pramuka Dalam Mencetak Siswa yang Relijius, Jujur, Mandiri, Berprestasi dan Berkarakter”.

Secara garis besarnya, kegiatan ini diawali dengan orientasi lapangan, upacara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Sekolah beserta para guru dan TU. Penjelajahan yang melalui 5 pos sejauh 3 KM, upacara api unggun. Dan keesokan harinya diakhiri dengan kegiatan outbound yang sangat menyenangkan yang memanfaatkan fasilitas umum dan bermain lumpur.

Menurut Kak Rian Staf Kesiswaan SMPN 5 yang juga selaku Pembina Pramuka. Menjelaskan, “Materi kegiatan CPD  secara garis besarnya, mencakup Pendidikan Karakter, Baris Berbaris, Pioneering, Peta Pita, Taksir Ukur, Dasa Dharma, PMR, Sandi, Morse, Smarpur dan Seni’.

“Menurut saya, pelaksanaan CPD ini sangat menarik dan menyenangkan. Para siswa-siswi mendapatkan 4 pembelajaran. Pertama, Learning to Know (belajar mengetahui), Kedua. Learning to do (belajar untuk beraksi), Ketiga, Learning to be (belajar menjadi diri sendiri) dan Keempat, Learning together (belajar hidup bersama). Mungkin kegiatan ini sangat menguras tenaga, emosi dan pikiran. Tetapi disini siswa belajar mandiri dan diharapkan akan ada perubahan meskipun sedikit,” jelas Kak Rian. (HKS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU