21.4 C
Indonesia
Sunday, 7 August 2022
spot_img

Catatan Kecil Disdik Jabar Memperingati Hari Bahasa Ibu…..!

Bandung, BEREDUKASI.Com — MEMPERINGATI “Bahasa Ibu Internasional” jatuh setiap tanggal 21 Februari.

Di Jawa Barat momentum peringatan “Bahasa Ibu” itu, digelar dengan berbagai acara, mulai dari pentas Sastra, pameran buku hingga seminar. Istilahnyapun diganti dengan “Mieling Basa Indung”.

Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta warga Bandung kembali menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa percakapan sehari-hari. Hal tersebut dinilai merupakan cara terampuh untuk dapat melestarikan bahasa Sunda sebagai bahasa ibu di tanah priangan. Oded mengatakan, penggunaan Bahasa Sunda sudah memiliki peraturan daerah tersendiri. Karena itu, dia mengimbau warganya dapat mengindahkan perda tersebut.

Jika seseorang lahir dan besar di lingkungan Jawa maka bahasa Daerah Jawa yang akan diajarkan pertama kali. Selanjutnya, bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya dipelajari, baik di dalam lingkungan sendiri ataupun di sektor formal seperti sekolah.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan rilis dari Kemdikbud.go.id, tercatat ada 652 bahasa daerah di Indonesia. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan yang tercatat oleh Summer Institute of Linguistics, sebanyak 719 bahasa dengan 707 di antaranya masih aktif dipakai.

Sedangkan di Jawa Barat, berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2003 tentang Bahasa dan Sastra Daerah, di Jawa Barat ada Tiga Zona bahasa, yakni Zona Priangan dengan bahasa Sunda, Zona Cirebon dengan bahasa Jawa-Cirebon dan Zona Bekasi-Depok dengan bahasa Betawi. (Ris).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU