20.4 C
Indonesia
Tuesday, 4 October 2022
spot_img

Cegah Pemberantasan Narkotika di Lapas. BNN Ciamis dan Lapas Banjar Teken Perjanjian……!

Banjar, BEREDUKASI.Com — DALAM rangka pencegahan dan pemberantasan peredaran narkotika diwilayah Kota Banjar. BNN Ciamis dengan Lapas kelas III Kota Banjar, menandatangani kontrak kerjasama yang diwakili oleh Kepala BNN, AKBP. Yaya Satianagara, SH serta Kalapas Banjar, Agus Wahono, Amd, IP, SH, MH di Lapas Kota Banjar, Pataruman, Kota Banjar, beberapa waktu yang lalu.

Dalam kontrak tersebut, dikatakan Kepala BNN Ciamis, Yaya Satianagara, ada 4 point yang penting, diantaranya seluruh pegawai wajib bebas narkoba, dengan melakukan tes urine, keduanya harus menerima sosialisasi P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika), ketiga, akan dibentuknya Satgas Anti Narkoba yang dibentuk dari Lapas dan Kamtibsus. Serta pembuatan payung hukum internal.

“Insya Allah untuk pembentukan Satgas Anti Narkoba Se-Priangan Timur. Akan dibentuk di Tasikmalaya,” jelasnya.

Selain penandatanganan MoU, dalam kesempatan itu BNN Ciamis, menyerahkan barang sitaan berupa belasan Handphone (HP) milik para tahanan. Hasil operasi gabungan minggu lalu di Lapas Banjar.

“Karena ini adalah milik Lapas Banjar, kami hanya sebatas meminjam saja. Untuk kepentingan pemeriksaan dan rencananya handphone tersebut akan dimusnahkan,” katanya.

Terkait hasil pemeriksaan belasan HP tersebut, Yaya tidak bisa memberikan jawaban langsung. Dikarenakan hasil pemeriksaan tersebut, belum ada kepastian yang mengarah pada transaksi narkoba.

“Kita masih proses pemeriksaan lebih lanjut, dalam handphone tersebut baru hanya nomer kontak, menghubungi nomer telephone siapa, serta sisa SMS yang tidak ter-delete. Kalau SMS yang sudah terhapus, kita harus ijin dari Pengadilan serta meminta bantuan bagian IT dari pusat,” imbuhnya.

Usai seremonial penandatangan kerjasama, kegiatan dilanjut dengan tes urine bagi seluruh petugas lapas Banjar.

“Seluruh pegawai tanpa kecuali, semua harus di tes urine sebagai langkah awal. Setelah itu kita akan melaksanakan sosialisasi secara bertahap, sesuai dengan jumlah lapas,” pungkas Yaya.

Kalapas Banjar, Agus Wahono, sangat mendukung kegiatan yang dilakukan BNN Ciamis tersebut.

“Saya harap dengan kolaborasi ini kedepan bisa mewujudkan lapas bersinar, bebas narkoba, kemudian didalamnya sendiri tidak ada narkoba, baik itu pegawai maupun para penghuni,” tambahnya. (Agus Berrie)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU