22.4 C
Indonesia
Saturday, 20 August 2022
spot_img

Ciri Mandiri Masyarakat Desa, Kerja Bakti dan Bergotong Royong

TASIKMALAYA, BEREDUKAS.COM — MUSIM hujan telah tiba ancaman longsor pun menjadi sebuah peristiwa yang ditakuti. Dalam upaya menjaga musibah longsor dan banjir tersebut. Sejumlah masyarakat melakukan antisipasi dengan menggelar Kerja Bakti dan Gotong Royong.

Hal ini yang dilakukan warga Kampung Guranteng RT.02.RW.01, Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Kabupten Tasikmalaya, Jawa Barat. Gotong Royong membersihkan parit yang tertutup lumpur.

Hal itu diakui Punduh Guranteng, Abuy. Menurut Abuy lumpur yang menutupi saluran air diparit. Jika dibiarkan saat musim hujan akan menimbulkan banjir cileuncang.

‘Ini sebagai upaya warga untuk antisifasi terjadinya banjir cileucang,’ tutur Abuy, disela-sela kegiatan, Minggu, 12 Desember 2021.

LoInisiatif menggelar Kerja Bakti digagas oleh tokoh masyarakat, Wahyudin. Menurut Wahyudin kegiatan ini sekaligus menyisir tempat rawan longsor di sejumlah titik di wilayah Guranteng.

‘Seperti diketahui musim hujan adalah ancaman terjadinya longsor. Untuk itu kita antisipasi dengan menyisir lokasi,’ tutur Wahyudin.

Diakui, lumpur dari endapan parit dibersihkan dan di tempatkan ditempat yang dianggap perlu penambahan tanah.

‘Ya, kita simpan lumpur itu di tempatkan di lokasi yang perlu pemadatan,’ kata Wahyudin.

Lokasi yang dijadikan tempat Gotong Toyong yakni di depan SDN Guranteng, karena kawasan itu dianggap sering terjadi Banjir cileuncang.

‘Kita pusatkan disini. Kenapa ya, itu tadi disini sering terjadi genangan air saat hujan mengguyur wilayah kami,’ pungkasnya. (Ombik)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU