20.4 C
Indonesia
Monday, 8 August 2022
spot_img

Di Kebun Ilmu Tegalwaru Purwakarta, Siswa Bisa Berkebun & Beternak…….!

Bandung, BEREDUKASI.Com – ADA sesuatu yang lain dari pembelajaran pendidikan nonformal yang digagas Yayasan Nurani Dunia. Berdiri di tengah perkebunan di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, seperti layaknya berada di Kebun Ilmu.

Menurut salah seorang relawan, Gina Fatwati, di kebun ilmu ini, masyarakat dan pelajar bisa mendapat berbagai ilmu dengan mengangkat kearifan lokal. Seperti bercocok tanam, beternak, membudi daya bunga, membuat keripik hingga belajar menggunakan laptop.

“Karena, belajar itu enggak hanya terbatas di ruang kelas. Di sini mereka juga bisa menambah keterampilan,” ungkapnya, Jumat (8/3/2021).

Gina menuturkan, aktivitas pembelajaran di kebun ilmu telah dimulai sejak November 2020.

Kegiatan ini, ungkap Gina, bertujuan meningkatkan keterampilan, khususnya para siswa sekolah menengah kejuruan (SMK).

“Maka dari itu, yayasan membuat terobosan dengan membangun dan mengintegrasikan pendidikan formal dan nonformal,” ungkap lulusan Ilmu Komunikasi Unversitas Islam Bandung tersebut.

Ia berharap, Dinas Pendidikan Jawa Barat melalui satuan pendidikan bisa mendorong dan memberi pemahaman kepada para siswa tentang pentingnya belajar di luar kelas.

“Karena, pendidikan nonformal juga penting untuk anak bersosialisasi dengan masyarakat. Enggak hanya mengandalkan pembelajaran di kelas untuk mendapat ilmu,” tuturnya.

Siswa SMKN Tegalwaru, Ripanshah Jaelani adalah satu di antara beberapa murid lain yang rajin dan aktif belajar di kebun ilmu.

Selama 4 bulan, Ripan sudah belajar dan menguasai cara mengolah keripik pisang, beternak, mengoperasikan laptop, bahkan belajar melakukan survei. Ia mengaku nyaman dengan cara relawan mengajar di kebun ilmu.

“Di sini belajarnya santai. Enggak pakai target, tapi ilmunya dapet,” pungkas siswa kompetensi keahlian agrobisnis pengolahan hasil perikanan. (Ris).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU