21.4 C
Indonesia
Sunday, 7 August 2022
spot_img

Disdik Jabar Telah Salurkan Rp.1.432Triliun Untuk SPP Gratis SMAN, SMKN, SLBN

BANDUNG, BEREDUKASI.COM — PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Jabar telah menyalurkan anggaran sebesar Rp.1,432 triliun untuk iuran bulanan gratis SMAN/SMKN dan SLBN, terhitung sejak Bulan Juli hingga Desember 2021.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi di Bandung, Jumat, 10 Desember 2021.

Menurut Dedi, , iuran bulanan gratis ialah program bantuan yang digagas oleh Pemprov Jawa Barat untuk Biaya Operasional Pendidikan Daerah (BOPD) SMA/SMK/SLB Negeri dan Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) untuk sekolah swasta.

Dedi menjelaskan, ‘Jumlah siswa SMA SMK dan SLB Negeri di Jabar mencapai 779.872 orang dengan anggaran BOPD mencapai Rp1,4 triliun. Sedangkan jumlah siswa SMA SMK SLB MA swasta di Jawa Barat 1.272.599 orang dengan anggaran BPMU mencapai Rp.
890,8 juta,’.

‘Alokasi anggaran BPOD dan BPMU yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk sekolah menengah atas jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan BPOD dan BPMU Provinsi Jawa Timur,’ kata Dedi.

‘Ini menunjukkan perhatian Pemprov Jabar untuk dunia pendidikan, khususnya sekolah menengah atas sangat tinggi. Anggaran BPOD dan BPMU kita jika digabungkan mencapai Rp.2,4 triliun,’tegas Dedi.

Hingga saat ini masih banyak sekolah, terutama sekolah swasta yang menahan ijazah peserta didiknya, oleh karena itu, anggaran BPMU di sekolah swasta bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan sekolah yang menahan ijazah peserta didiknya, pungkas Dedi Supandi. (Hms).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU