27.4 C
Indonesia
Sunday, 4 December 2022
spot_img

DUTA WISATA “Salah satu cara untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa”

Bandung, BEREDUKASI.Com — PADA hakikatnya manusia itu harus mempunyai prinsip long life learning yang artinya untuk selalu belajar sepanjang hidup.

Untuk mendapatkan itu semua tidak hanya bisa kita dapatkan dari sesuatu yang formal saja seperti ilmu pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan di kampus saja. Tetapi sangatlah bisa kita dapatkan dan kembangkan melalui bidang non-akademik. Karena kita akan bertemu dengan banyak orang atau relasi yang berbeda-beda, mulai dari basic pendidikan, suku, adat, budaya dan sebagainya yang artinya peluang bagi kita untuk bertukar ilmu menjadi sangatlah luas.

Sebagai mahasiswa tidak cukup jika hanya mengejar prestasi di bidang akademik, tetapi sebagai mahasiswa sebaiknya turut mengejar prestasi dibidang non-akademik.

Pada saat ini, yang diminati oleh para mahasiswa khususnya di jawa barat adalah, untuk turut serta menjadi seorang duta wisata.

Mengapa duta wisata…?

Menurut Suci Nurhadhiah selaku Mojang Pinilih Kota Cimahi 2012, Mojang Duta Lingkungan Hidup Jawa Barat 2012 dan juga Puteri Indonesia Jawa Barat 2014 yang pada saat itu masih berstatus sebagai mahasiswi aktif jurusan kebidanan Universitas Padjajaran berpendapat bahwa, “Dengan kita menjadi duta wisata kita akan terus menggali passion kita dan juga kita bisa dengan bebas untuk terus mengembangkan diri kita. Selain itu, dengan menjadi seorang Duta Wisata, otomatis kita kita akan bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Juga kita bisa lebih banyak belajar jadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena kita diajarkan manner, how to treat each others. Karena Duta Wisata adalah promotor budaya pariwisata. Jadi, mulai dari look, ilmu pengetahuan sampai manner haruslah baik”.

Banyak mahasiswa yang menjadikan ajang Duta Wisata sebagai langkah awal untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Seperti mengikuti ajang di tingkat nasional maupun International.

Pada tahun 2017, nama Kevin Liliana ramai diperbincangkan karena telah memberikan prestasi bagi Indonesia dengan memengkan ajang Miss International 2017 yang diselenggarakan di Jepang. Kevin Liliana adalah wakil pertama dari Indonesia yang memenangkan ajang ini. Pada tahun 2015, Kevin Liliana juga merupakan seorang Duta Wisata asal Kota Bandung dengan memenangkan Wakil 1 Mojang Kota Bandung 2015 dan Kevin Liliana pun merupakan mahasiswi aktif Universitas Kristen Maranatha jurusan Design Interior.

Penulis: Wahyu Hidayat Whibisana, mahasiswa aktif STIKOM Bandung jurusan Public Relations. Jajaka Kota Cimahi 2016, 2nd Runner Up Putera Pendidikan Indonesia 2017 dan Mister Tourism Jawa Barat Favorite 2018.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU