21.4 C
Indonesia
Thursday, 29 September 2022
spot_img

Earth Hour Bandung, Mengajak Masyarakat Bijak Menggunakan Energi

BANDUNG, BEREDUKASI.Com — Seiring pertumbuhan manusia, sumber daya alam pun lama-kelamaan berkurang. Tentunya jika penggunaanya dilakukan secara boros, maka akan menjadi permasalahan yang kompleks bagi generasi mendatang. Hal inilah yang menjadi sorotan Komunitas Earth Hour Bandung (Ehbdg) yang memang  bergerak secara global dalam usaha untuk melestarikan lingkungan dan menggunakn energi dengan bijak. Earth Hour Badung juga memiliki agenda tahunan yaitu “Switch Off Event” dan beberapa kegiatan lainnya yang juga dikelola oleh Jaringan Komunikasi Bandung Bijak Energi (JKBBE).

Beberapa agenda yang coba Earth Hour Bandung sosialisasikan yaitu bersepedah, memakai alat transportasi umum, menggunakan lampu hemat energi, membawa tempat minum sendiri, mengurangi dan memisahkan sampah, mencabut listrik yang tidak terpakai, diet kantong plastik, menanam dan memelihara pohon, mengkonsumsi produk lokal dan lain sebagainya.

Pada tanggal 27 Januari 2018 Earth Hour Bandung juga bersama Museum Geologi mengadakan acara gerakan Serentak mematikan lampu yang dinamakan “Night At Museum” dalam acara ini hadir juga Miss International 2017, Kevin Liliana untuk berbagi pengalamannya sebagai Duta Earth Hour.

Nunung Nurhayati, Divisi Publikasi Earth Hour Bandung juga  mengatakan bahwa bijak  energi adalah hal yang sangat penting, tentunya perlu dipulas dengan hal-hal yang mengasyikan agar lebih berdampak.

“Kegiatan di museum  juga diisi dengan sambutan dari bidang edukasi Museum Geologi, sambutan dari koordinator Earth Hour yaitu Saepul Hamdi, Hiburan berupa permainan musik biola, musikalisasi puisi dan lain sebagainya.”  Tutur Nunung.

Nunung juga menjelaskan bahwa  kegiataan tersebut juga berlanjut dengan tur museum yang dipandu langsung oleh pihak museum, kemudian mematikan lampu bersama-sama.

”Kami berharap bahwa acara ini dapat mengenalkan kepada masyarakat  tentang bijak energi, tentunya meliputi cara hidup yang ramah lingkungan. Kami juga giat mempromisikannya lewat media sosial agar lebih banyak masyarakat yang sadar.” Tambah Nunung.

Kedepannya Earth Hour juga akan melakukan beberapa kegiatan , selaras dengan visinya untuk mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam COP21 untuk menurunkan emisi karbon hingga 29 % pada tahun 2030 dan juga mendukung program kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat untuk mengkonversi energi dan membiasakan hidup yang bijak energi. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU