27.4 C
Indonesia
Monday, 26 September 2022
spot_img

“Education Fair SMAN 16 Bandung” Memotivasi Siswa Sukses Masuk Perguruan Tinggi


Senin-Selasa (29 s/d 30) Januari 2018 SMAN 16 Bandung mengadakan Education Fair bagi siswa kelas XII yang hendak mengikuti UN, dan persiapan menghadapi SNMPTN dan SBMPTN. Acara ini juga dihadiri oleh berbagai macam perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di wilayah Jawa Barat. Diantaranya adalah  STIKES, POLBAN, IPB, ITB, UI, UNPAD dan lain sebagainya.

Cucu sutisna M.Pd  ketua pelaksana Edufair 2018 SMAN 16 Bandung mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilandasi bahwa SMA merupakan sebuah lembaga pendidikan lembaga formal yang bertujuan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi lebih tinggi. Oleh sebab itu perlu ada informasi  dan wawasan yang lebih dalam bagi siswa mengenai berbagai Perguruan tinggi agar mereka dapat memutuskan hal yang tepat setelah lulus.

“Kami ingin memberikan motivasi yang lebih kuat  kepada siswa mengenai jurusan dan prospek di Perguruan tinggi. Sehingga mereka akan mempersiapkandan tepat dalam keputusan mereka,” tutur Cucu.

Acara yang berlangsung dari pukul 10:00-15:00 WIB ini juga di dukung dengan “road show” perguruan tinggi ke setiap kelas untuk mensosialisasikan jurusan dan universitasnya. Kemudian berlanjut dengan pameran, dimana anak-anak dapat melakukan kunjungan stand untuk berkonsultasi mengenai rencana pemilihan jurusan dan studi ke perguruan tinggi.

“Besar harapan kami bahwa acara ini dapat meningkatkan kematangan siswa. Sehingga mereka dapat menimbang  berbagai macam faktor, peluang dan lain sebagainya sesuai dengan posisi yang mereka inginkan dan kapasitas yang mereka miliki,” ujar Cucu lagi.

Febri, Siswa Kelas XII IPS 1 yang terlibat dalam cara ini juga mengatakan bahwa program Edufair ini sangat bermanfaat baginya.

“Sekarang saya jadi tahu lebih banyak, asalnya saya hanya mematok satu jurusan di satu universitas saja. Namun sekarang saya mengenal lebih luas, dan nantinya dapat dijadikan pertimbangan kedepan,” ujarnya. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU