20.4 C
Indonesia
Wednesday, 17 August 2022
spot_img

Forum Pemred Online Hadir Bersatu untuk Negeri

JAKARTA, BEREDUKASI.COM — BERAWAL dari kegelisahan  Wartawans Senior tentang kebiasaan berpendapat dan bersuara serta pentingnya pengawasan bagi kekuasaan, baik eksekutif, yudikatif maupun legislatif maka jurnalisme dan pers menjadi bagian yang tak terpisahkan sebagai lembaga kontrolnya. Maka mereka bersepakat mendirikan lembaga nirlaba berbadan hukum bernama Forum Pemredil Online (FPO) dan didirikan oleh tujuh jurnalis senior. Mereka, Joseph Erwiyantoro (Ketua/ Anggota), Teguh Imam Suryadi (Sekjen/Anggota), Yon Moeis (Bendahara/Anggota), Herman Wijaya (Pengawas/Anggota), Harry Tjahjono (Anggota pengawas), Dimas Supriyanto (Anggota Pengawas), dan Gunawan Wibisono (Anggota Pengawas).

Mbah Cocomeo mengungkapkan kalau FPO merupakan organisasi yang independen dan berbadan hukum, yang menggagas terwujudnya pers dan jurnalisme yang merdeka, berbasis kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.

“Berhentilah jadi wartawan kalau tidak gelisah. Sebab, gelisah itu panggilan wartawan. Berangkat dari kegelisahan itu wartawan berkarya! ” kata J. Erwiyantoro, Ketua Forum Forum Pemred Online dan dedengkot Kandang Ayam saat memperkenalkan Forum Pemred Online. Di Sekrariatnya, Di Kawasan Rawamangun, Jakarta Timur Selasa (11/2/2022)

Pendirian FPO, dalam rangka menggalang persatuan dan kesatuan seluruh pemimpin redaksi dan para wartawan yang siap menjadi pemimpin di media jurnalistik online dan media jurnalistik baru (sosmed)

FPO mengupayakan, pengakuan pemerintah dan seluruh stakeholders terhadap jurnalistik media online dan media baru (medsos), sebagai jurnalistik dan media pers yang setara satu sama lain dengan segala bentuk dan jenis media jurnalistik yang ada

Sebagai organisasi, FPO mencerminkan organisasi yang berdaulat (eksis, administratif, dan sah secara hukum), para anggota dan pengurus, adalah orang yang memegang kendali penuh pemberitaan di medianya, tanpa pengaruh, bebas campur tangan (berdaulat secara pribadi dan profesi)

Pria yang akrab disapa Mbah Cocomeo ini mengatakan kalau
moto memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan pers, sebagaimana amanat UUD 1945 dan UU yang menyertainya serta membangun jalinan kerja sama, membangun jaringan yang positif dengan pemerintah, legislatif, para pihak lembaga hukum, kalangan swasta, lembaga swadaya masyarakat, dan seluruh elemen bangsa, yang diperlukan untuk mendorong tercapainya tujuan organisasi.

FPO, juga mendorong perlakuan yang sama dari pemerintah dan semua pihak, terhadap semua jenis kegiatan jurnalistik, dan media jurnalistik sebagai media pers yang setara, mempunyai hak dan kewajiban yang sama, tanpa diskriminasi.

Para pengurus, dan seluruh anggota, bersikap independen baik dalam pemberitaan, dalam mengelola media, dimana pers dan para wartawan bekerja dan bertugas di sana.

Sebagai organisasi, seluruh anggota FPO bersatu memegang teguh soliditas, solidaritas, dan konsisten pada kepentingan serta tujuan organisasi.

Anggota Forum Pemred Online (FPO), adalah pemimpin redaksi dan/atau wakil pemimpin redaksi, dan para wartawan media jurnalistik online dan media sosial atau media baru (portal berita, channelfb, youtube, ig, dll), berbadan hukum, serta sebagai warganegara Indonesia.

Kepengurusn FPO terdiri dari Pengurus Harian, Ketua Umum, Sekretaris Jendral, Bendahara Umum, Dewan Pembina atau Pengawas yang dilengkapi dengan ketua-ketua di bawah ketua umum, wakil-wakil, kepala-kepala bidang, kepala-kepala seksi, dan selanjutnya sebagaimana yang diperlukan.

AGENDA KEGIATAN
Setelah mendeklarasikan diri sebagai organisasi pers, pada Selasa, 11 Januari 2022 ini – Forum Pemred Online (FPO) melanjutkan dengan melaksanakan konsolidari organisasi, audensi dengan para pejabat pemerintah, dengan tujuan memperkenalkan organisasi dan pengurusnya, menyampaikan dukungan kepada semua pihak yang mendorong kemerdekaan jurnalistik yang sehat dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara, juga menyelenggarakan seminar, lokakarya.

Pertemuan dengan pemimpin legislatif demi mendorong kepastian hukum di bidang pers dengan kajian-kajian legislatif dan menjadikan pers, sebagai bagian dalam kegiatan 4 Pilar MPR RI dengan melibatkan peranserta Forum Pemred Online, membangun kerjasama dengan DPD RI di pusat dan daerah

Juga pertemuan dan menjajagi kerja sama dengan lembaga kemasyarakatan seperti YLKI, YLBHI, Kontras, dll.

• Forum Pemred Online menggagas pertemuan nasional (I) FPO 2022 dengan tema Pemred Online Bersatu Membangun Negeri

• Menerbitkan buku Direktori Jurnalis Indonesia (Directory of Indonesian Journalist) yang diperberharui setiap tahun.

• Membuka Forum Mencari Pemimpin Sejati RI (berseri hingga Pemilu 2024)

Dalam jangka panjang, Forum Pemred Online (FPO), mempertegas peran dan memperkuat kehadiran jurnalistik online sebagai bagian dari pers online dengan menyelenggarakan pelatihan, meningkatkan kapasitas bisnis, dan kerjasama antar media online untuk meningkatkan kemampuan, mengembangkan kemerdekaan pers dan kesejahteraan media serta seluruh awaknya. (Byl/rel)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU