21 C
Indonesia
Friday, 21 January 2022

Gebyar Zakat dan Penganugrahan Baznas Award tahun 2021

BANDUNG, BEREDUKASI.COM — KEGIARAN Gebyar Zakat dan penganugrahan Baznas Award tahun 2021 diikuti 179 sejumlah Pengumpul Zakat, terdiri UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Se-SKPD dan instansi vertikal lainnya di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

UPZ merupakan instrumen l Baznas dalam memberikan layanan kemudahan bagi setiap orang yang ingin berzakat. Dan memberikan kemudahan bagi mustahik untuk menerima zakat.

‘Tahun 2020 penghimpunan ZIS naik sebesar 62 persen atau sebesar Rp.8.900.000.000,-. Dan pada tahun 2021 meningkat, menjadi 26 persen atau sekitar Rp.11.250.000.000,-,’ kata KH. Acep Thohir Fuad Ketua Baznas Kabupaten Tasikmalaya pada gelar anugrah Baznas Award di The Luxton Jl. Ir H.Juanda, Kota Bandung pada sore menjelang malam hari, Kamis, 16 September 2021.

Itu artinya, tambah KH. Acep, total ZIS yang terhimpun di wilayah Kabupaten Tasikmalaya sebesar 85 persen dan itu berasal dari UPZ.

Disebutkan, disamping UPZ, Baznas Kabupaten Tasikmalaya memiliki relawan yang tersebar di semua wilayah kecamatan dengan sebutan Sahabat Baznas.

‘Ini memberikan peran dan kontribusi yang sangat besar dalam mengawal program-program Baznas, Bik tingkat Desa hingga Kecamatan,’ tutur Acep.

Yang lebih penting, jelasnya lagi, adalah dukungan dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Melalui kebijakan dan regulasi yang memperkokoh kegiatan Baznas.

Diantaranya dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati No.41 tahun 2018 tentang zakat bagi para ASN. Kemudian Intruksi Bupati No. 6 Tahun 2019 tentang Pengumpulan Zakat Profesi.

Belum lagi Intruksi No. 7 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Gerakan Infaq 2000. Serta ditambah dengan Intruksi Bupati No.4 Tahun 2020 tentang Pemungutan ZIS kepada Penyedia Barang dan Jasa.

Juga Intruksi Bupati No.009 Tahun 2021 tentang Pemungutan Infaq Sedekah kepada Kepala Dinas.

‘Dengan bentuk dukungan tersebut dari Bupati sudah jelas kesungguhan para wakil yang ada di Baznas serta UPZ dan para relawan di setiap kecamatan, telah mendongkrak peningkatan perolehan Zakat Baznas Kabupaten,’ jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Acep Tohir mengatakan, dana yang terhimpun sebesar 1.930.000.000 akan segera didistribusikan kepada seluruh mustahik di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Dwi Juli Kusmorop, SH, tokoh Pemuda Tasik Selatan dan Koordinator TKSK Kecamatan Pagerageung menuturkan, kesadaran masyarakat dalam menunaikan kewajibannya untuk membayar zakat merupakan sebuah bentuk kecintaan kepada sesama umatnya.

‘Kita tahu sejak munculnya virus pandemi Covid-19 banyak diantaranya yang terpeped ekonomi bahkan kesejahtraannya, melemah. Inilah bentuk kecintaan itu,’ kata Dwi, di selasar Kantor Kecamatan Pagerageung Jumat 17 Desember 2021.

Hal senada dikatakan Emus Punduh Kampung Lampegan. Menurutnya, kesadaran masyarakat di wilayahnya, bukan hanya membayar Zakat, Sodakoh akan bentuk kepedulian lainnya. Ini membuktikan kesadaran yang luar biasa.

‘Saya ucapkan terimakasih khususnya masyarakat Lampegan yang ikut andil dalam program pemerintah melalui Zakat,’ tuturnya.di tempat yang sama.

Sementara para penerima Baznas Award 2021 diantaranya, kategori UPZ SKPD dan Instansi Vertikal dengan Penghimpunan ZIS Terbaik yaitu UPZ Kantor Kementerian Agama, UPZ Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk,
UPZ Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, UPZ Sekretariat Daerah, UPZ RSU Singaparna Medical Center, UPZ Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, dan UPZ Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Untuk Kategori UPZ BUMD dengan Penghimpunan ZIS Terbaik yaitu UPZ PDAM Tirta Sukapura, UPZ BPR Artha Sukapura, UPZ PT BPR Cibarusah Jabar Perseroan.

Dan kategori UPZ Kantor Kecamatan dengan Penghimpunan ZIS Terbaik diantaranya, UPZ Kantor Kecamatan Leuwisari, UPZ Kantor Kecamatan Mangunreja juga UPZ Kantor Kecamatan Cipatujah.

Kategori UPZ Madrasah Negeri dengan Penghimpunan ZIS terbaik diantaranya, UPZ MAN 1 Tasikmalaya, UPZ MTSN 1 Tasikmalaya, UPZ MTSN 3 Tasikmalaya.

Sementara kategori UPZ UPTD Pendidikan dengan Penghimpunan ZIS Terbaik diantaranya, UPZ UPTD Pendidikan Kecamatan Iabtinggal, UPZ UPTD Pendidikan Kecamatan Pagerageung, UPZ UPTD Pendidikan Kecamatan Cikarang.

Untuk kategori UPZ MKKS SMP dengan Penghimpunan ZIS Terbaik diantaranya, UPZ MKKS Wilayah Ciawi, UPZ MKKS Wilayah Salawu, UPZ MKKS Wilayah Singaparna.

Kategori UPZ SKPD dengan Penghimpunan ZIS Penyedia Barang dan Jasa meliputi UPZ Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, UPZ Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, UPZ Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Kategori Pengelolaan Zakat Fitrah meliputi, UPZ MB Karangnunggal, UPZ MB Sodonghilir, UPZ MB CIkalong.

Kemudian kategori Muzakki Perusahaan Pembayar Zakat melipti Bank bjb Cabang Singaparna, Bank bjb Syari’ah KCP Singaparna.

Dan kategori Muzakki Perorangan Teladan, yakni Bapak Renol Krisbianto, Ibu Amelia serta
Bapak Bibit Parwinto.

Kategori Desa Penghimpun Infak dari Kepala dan Perangkat Desa meliputi Desa Margamulya Kecamatan Sukaresik, Desa Cikapinis Kecamatan Karangnunggal, Desa Cibeber Kecamatan Cikalong.

Kategori Desa Penghimpun Infak dari Program Gerakan Satu Juta Munfik, yaitu Desa Cikapinis Kecamatan Karangnunggal, Desa Dawagung Rajapolah, Desa Kurniabakti Ciawi.

Dan terakhir kategori DKM Penghimpun Infak terbaik diraih DKM Al-Hidayah Kampung Lampegan, Desa Nanggewer, Kecamatan Pagerageung, Tasikmalaya. (Ombik).

Related Articles

Ini Rangkaian Peringatan HPN 2022, Digaungkan Gerakan Nasional Penyelamatan Mangrove

JAKARTA, BEREDUKASI.COM – EKOSISTEM Mangrove memiliki fungsi sangat penting, karena berperan sebagai sabuk hijau bagi area pesisir dan sebagai ekosistem dengan simpanan karbon terbesar....

Cita-cita bank bjb Untuk Menjadi Sebuah ‘Elite Bank’ Pada Tahun 2025

BALI, BEREDUKASI.COM – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb). Siap menjalani tahun 2022 dengan optimisme dibandingkan tahun 202, karena...

Film Teater ‘Sutradara Ngekting Petang di Taman’ Tayang di tiket.com

JAKARTA, BEREDUKASI.COM -- FILM Teater ‘Sutradara Ngekting Dalam Lakon Petang di Taman’ akhirnya tayang di tiket.com, mulai Senin, 31 Januari 2022, hingga 13 Februari...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

Ini Rangkaian Peringatan HPN 2022, Digaungkan Gerakan Nasional Penyelamatan Mangrove

JAKARTA, BEREDUKASI.COM – EKOSISTEM Mangrove memiliki fungsi sangat penting, karena berperan sebagai sabuk hijau bagi area pesisir dan sebagai ekosistem dengan simpanan karbon terbesar....

Cita-cita bank bjb Untuk Menjadi Sebuah ‘Elite Bank’ Pada Tahun 2025

BALI, BEREDUKASI.COM – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb). Siap menjalani tahun 2022 dengan optimisme dibandingkan tahun 202, karena...

Film Teater ‘Sutradara Ngekting Petang di Taman’ Tayang di tiket.com

JAKARTA, BEREDUKASI.COM -- FILM Teater ‘Sutradara Ngekting Dalam Lakon Petang di Taman’ akhirnya tayang di tiket.com, mulai Senin, 31 Januari 2022, hingga 13 Februari...

Seleksi Menjaring Wartawan Jabar Berpotensi, Untuk Porwanas Jawa Timur 2022

BANDUNG, BEREDUKASI.COM – BERJUMLAH sekitar 70 Wartawan dari perwakilan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Kini telah mengikuti seleksi...

Transportasi On Line ‘MY GO’ Membuka Pendaftaran Mulai 17 Januari 27 Februari 2022

BANDUNG, BEREDUKASI.COM -- KEHADIRAN Transportasi On Line 'MY GO' yang di prakarsai oleh Organisasi Kemasyarakatan Laskar Merah Putih Perjuangan-LMPP. Adalah pertama dan Aplikasi yang...