22.4 C
Indonesia
Sunday, 27 November 2022
spot_img

Hadapi “Revolusi Industri 4.0”, Telkom University Kukuhkan Program Bernama “CelOE”…..!

Bandung, BEREDUKASI.Com — TELKOM University Mengacu pada visi Telkom University yang berkomitmen menjadi Perguruan Tinggi berkelas dunia. Dan berperan aktif dalam pengembangan Ilmu pengetahuan dan seni yang berbasis teknologi.

Kampus terakreditasi A BAN-PT ini, terus melakukan terobosan-terobosan, dalam pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Dan yang “terbaru”, Bagian Pengembangan Pembelajaran (BPP) Telkom University. Mengukuhkan sebuah program yang mampu menghadapi “Revolusi Industri 4.0”. Program tersebut, yaitu Center for e-Learning and Open Education (CeLOE).

Didalamnya yaitu CeLOE fokus pada transformasi pendidikan, dengan pemanfaatan Teknologi Informasi.

Ada 3 poin yang menjadi inti dari program ini yaitu (1) Learner Excellence, melalui perubahan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajar. (2) Teacher Excellence, melalui perubahan delivery pembelajaran dan (3) Institutional Excellence, perubahan perencanaan dan pengelolaan pendidikan.

“Telkom University antisipasif dan responsif terhadap perubahan yang turbulen di era disrupsi, antara lain melalui pengembangan kualitas Dosen, pengembangan metode-metode pembelajaran yang berkelanjutan dan pengembangan infrastruktur melalui teknologi informasi,” jelas Manajer BPP, Dr. Majidah.

Ketiga pilar diatas, diimplementasikan di Telkom University. Sehingga berperan menghasilkan harmonisasi dalam membentuk Pendidikan Berkarakter, Unggul dalam teknologi, Ilmu pengetahuan dan Seni dan berakhlakul karimah.

“Semua program ini, sangat membantu pembelajaran bagi para mahasiswa. Mereka semua merasa sangat senang, sebab bisa memperhatikan berulang-ulang dengan adanya program ini. Makanya semua Dosen di kampus ini, tentunya akan termotivasi terus untuk meningkatkan juga ilmu yang dimilikinya,” papar Dr. Dadan Rahadian, Wakil Rektor I Telkom University Bidang Akademik.

CeLOE digambarkan sebagai pemanfaatan e-learning, secara luas dalam bingkai Telkom University, sebagai kampus digital. Pemanfaatan dimaksud adalah :

e-learning sebagai Pendukung Pembelajaran Regular (e-Supported Learning).

e-Learning sebagai bagian dari Pembelajaran Reguler (Blended Learning).

e-learning sebagai Lingkungan Belajar Jarak Jauh (Distance Learning Program),

e-learning sebagai Open Online Learning (OL) Telkom University,

e-Learning sebagai Open-Courseware Telkom University.

e-learning sebagai Integrator Sumber Belajara Online (Tel-U Digital Campus).

“Kementerian Ristekdikti, akan terus mencoba memberdayakan komunitas nya. Karena menurut saya masih banyak penduduk kita yang masih memerlukan bantuan masalah pendidikan. Terutama untuk wilayah Indonesia Timur,” tutur Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, Direktur Pembelajaran Digital, Kemenristekdikti, disela-sela usai acara. (HKS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU