21.4 C
Indonesia
Sunday, 7 August 2022
spot_img

Hari Kanker Se-Dunia, Baznas Tanam 1000 Pohon Anti Kanker…..!

Tasikmalaya, BEREDUKASI.Com — DALAM rangka Hari Kanker Se-Dunia, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikamlaya. Menanam 1000 pohon Pencegah Kanker di Pasirgowong, Kampung Cibungur, Desa Nangewer, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (4/2/2020).

Penanaman pohon yang bagus untuk menangkal kanker tersebut dilakukan bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Muspika Kecamatan Pagerageung, masyarakat pecinta lingkungan perwakilan Baznas Jawa Barat dan juga tokoh masyarakat.

Pohon yang ditanam antara lain pohon Jengkol, Pete, Belimbing, Sawo, Jambu Air dan lainya. Pohon tersebut ditanam di kawasan Pasirgowong yang merupakan tempat paralayang di wilayah Tasik Utara.

Pengurus Baznas Kabupaten Tasikmalaya, Ustad Ade Badruzzaman mengatakan pohon yang ditanam pada momen Hari Kanker merupakan jenis pohon yang bagus untuk menangkal kanker.

“Jadi tidak hanya bisa menyelamatkan lingkungan, pohon yang kami tanam memberi manfaat besar bagi masyarakat. Juga bisa dijadikan sebagai makanan buah penangkal kanker,” katanya.

Ade juga menjelaskan 1000 Pohon yang ditanam di kawasan hutan yang kondisinya kritis tersebut. Merupakna bagian dari Zakat, Infaq dan Shodaqoh yang dihimpun Baznas dari masyarakat.

Diharapkan dengan adanya penanaman pohon tersebut, bisa berdampak besar bagi kelestarian lingkungan. Juga peningkatan kesejahteraan masyarakat di Nangewer. Sehingga ke depannya masyarakat bisa sadar, akan pentingnya mengeluarkan Zakat Infaq dan Shodaqoh.

“Kami juga terus menumbuhkan semangat masyarakat untuk berzakat, infaq dan shodaqoh. Pohon yang di tanam nantinya bisa menghasilkan air dan oksigen dan itu bisa menjadi ladang amal bagi masyarakat,” ucapnya.

Ade juga mengatakan jangan sampai generasi saat ini, mewariskan air mata kepada generasi mendatang, tetapi bisa mewariskan mata air.

“Kalau kita jaga alam sudah barang tentu alam akan jaga kita. Mari kita selamatkan alam dengan menghijaukan kembali kawasan yang rusak,” katanya.

Kepala Desa Nangewer, Endang Sunarli mengaku bangga wilayah desanya dipilih untuk menanam 1000 pohon yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk penghijauan dan menangkal bencana banjir dan longsor juga bisa dimanfaatkan untuk Penangkal Penyakit Kanker.

“Kami di Desa memiliki program untuk terus meningkatkan penghasilan masyarakat tetapi tidak merusak alam. Dengan penanaman pohon yang buahnya bisa dijadikan komoditas unggulan jelas ini akan sangat mendongkrak ekonomi masyarakat,” katanya.

Camat Pagerageung, Uwem Sulaeman mengatakan penanaman 1000 Pohon yang bagus untuk menangkal kanker tersebut. Bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Betapa tidak masyarakat bisa menjual buah dari pohon yang ditanam tersebut dengan harga yang tinggi.

“Kita tahu harga Jengkol dan Pete itu cukup mahal. Dan buah tersebut bagus untuk menangkal kanker. Ini sebuah terobosan yang luar biasa karena pohon yang ditanam manfaatnya sangat banyak,” katanya. (Ombik/Latif).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU