20.4 C
Indonesia
Tuesday, 4 October 2022
spot_img

Haul Tidak Hanya Dilihat dari Sisi Kegiatan Spiritualitas Sebagai Bentuk Religiulitas……!

Cirebon, BEREDUKASI.Com — PONDOK Pesantren Al-Muallimin yang di pimpin oleh KH. Zamzami Amin dan KH. Marzuqi Ahal sukses memperekat silaturahim dengan menggelar Haul (Red: peringatan setelah satu tahun yang diadakan setahun sekali). Hadiyu dan Haul Pendiri Pondok Pesantren Al Muallimin beberapa waktu yang lalu di Jl. Wijaya Kusuma Babakan Ciwaringin, Kabupaten, Cirebon.

Dihadiri oleh para Masyayikh, Santri, Alumni dan Jamiyah Hadiyu Se-Nusantara, acara yang dipimpin KH. Zamzami Amin dimulai dengan Munas Jamiyah Hadiyu pada Sabtu 15/3/19 dilanjutkan Khotmil Quran dan Haul pada Minggu (16/3/19).

Secara sosial acara tersebut menjadi suatu kegiatan intensitas antara orang yang lama tidak berjumpa.

“Haul tidak hanya dilihat dari sisi kegiatan spiritualitas sebagai bentuk religiulitas. Padahal ada sisi lain yang dikenalkan orang yang menghidupkan kembali nilai-nilai Haul,” ujar Gus Hasan, Ketua 1 PP IPNU Bid. Organisasi putra dari KH. Zamzami Amin.

Dirinya menjelaskan pada prinsipnya kegiatan Haul tidak hanya bagian dari spiritualitas dikalangan Pesantren.

“Untuk menjaga, merawat, tradisi khazanah yang ada pada masa lalu, haul tidak semata-mata kegiatan keagamaan. Tapi juga suatu cara bagaimana orang-orang Pesantren dikenalkan kembali akan nilai-nilai masalalu,” terang Gus Hasan.

“Haul tidak hanya soal membaca aurod/ tahlil, lebih dari itu ada kerekatan dan memperbaharui nilai-nilai yang sudah ada. Kemudian menjadi satu spirit untuk menjalankan kegiatan tersebut” pungkas Putra KH. Zamzami Amin. (MIF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU