22.4 C
Indonesia
Friday, 12 August 2022
spot_img

HM Rafany Achyar “Ketua FKUB Jawa Barat” Pemuda Perlu Memiliki Jiwa Kritis……!

Bandung, BEREDUKASI.Com — DITEMUI dalam acara “Millennials Peace Festival” Upaya Pencegahan, Penanggulangan Paham Radikalisme dan Kekerasan, HM Rafany Achyar Ketua Forum  Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Barat usai mengisi seminar dengan tema “Damai Indonesiaku” Sabtu, (20/10/18).

HM Rafany Achyar mengungkapkan bahwa di era teknologi canggih saat ini. Ia memiliki harapan untuk generasi muda agar memiliki jiwa kritis. Sehingga tidak mudah menerima paham-paham menyimpang dan provokatif.

“Saat mendengar berita yang tidak jelas, maka harus segera untuk melakukan cek and ricek terlebih dahulu,” jelasnya.

Selain itu, Rafany juga mengatakan bahwa komunikasi juga adalah hal yang penting. Dimana komunikasi bisa melahirkan suasana yang damai, saling percaya dan menghargai. Jangan sampai kesalah pahaman dalam berkomunikasi, menyebabkan konflik yang pada akhirnya menyesatkan, merusak dan menghancurkan Indonesia.

“Negara kita adalah negara yang majemuk dan sangat besar, potensi konflik, rentan dan jika terjadi. Jelas akan mengakibatkan efek yang lebih parah jika dibandingkan dengan negara lain,” ulasnya.

Sebab itu, Rafany mengajak untuk menjaga adat istiadat, kultur dan selalu memelihara Bhineka Tunggal Ika, agar Indonesia selalu damai.

“Saya juga berpesan kepada pemuda untuk jangan mudah terprovokasi oleh informasi atau isu yang sumbernya tidak jelas. Lewat kegiatan “Millennials Peace Festival” ini. Pemuda harus terinspirasi untuk menebarkan kebaikan,” lanjutnya.

Dengan mudahnya perkembangan informasi dan teknologi ini juga menurut Rafany menjadi sebuah tanggung jawab sekaligus manfaat yang luar biasa untuk penguatan persatuan dan kesatuan.

“Jika kita  tidak bertanggung jawab maka akan menghasilkan hal negatif berupa hoax, ujaran kebencian dan mengabaikan ajaran moral juga agama. Sudah semestinya generasi Millennial bangkit dan berkolaborasi menciptakan Kemaslahatan,” tandasnya.

Rafany pun mengulas bahwa acara seperti “Millennials Peace Festival” ini sangat baik dan harus terus diadakan. Untuk mendukung kreasi-kreasi dan inovasi yang semakin hebat dan memajukan kedepannya. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU