21.4 C
Indonesia
Saturday, 3 December 2022
spot_img

Impresi Sejarah bersama Komunitas “Historie van Bandung” dan “Heritage Lovers”…!

Bandung, BEREDUKASI.COM — BEBERAPA waktu yang lalu, Museum Mandala Wangsit Siliwangi, Jl. Lembong No 38 Bandung. Nampak ramai oleh anggota komunitas penggemar sejarah yang tengah melakukan sesi foto, bertemakan jaman Pra kemerdekaan Indonesia.

Acara yang digagas oleh “Historie van Bandung” (HVB) yang bekerja sama dengan “Heritage Lovers” (HL) ini juga, merupakan sebuah upaya Edukasi sejarah.

Rere, Bendahara dan Koordinator lapangan “Historie van Bandung”. Menerangkan bahwa kegiatan ini adalah “benang merah” atau titik temu antara komunitas “Heritage Lovers” yang merupakan pecinta sejarah bangunan. Dan “Historie van Bandung” yang lebih berfokus pada sejarah militer.

“Dengan adanya kegiatan ini, maka bisa menjadi eksplorasi bangunan. Dimana disini terdapat museum dan rumah jendral. Sekaligus memperkenalkan impresi cara berpakaian para militer pada jaman kolonialisme dulu. Ada pakaian tentara KNIL, laskar Wanita, Tentara Jepang dan juga pakaian rakyat seperti kebaya pada jaman itu” terang Rere.

Acara yang berlansung sejak pukul 10.00 s/d 12.00 WIB ini. Juga merupakan “open house” Komunitas “Historie van Bandung” untuk berbagi pengetahuan mengenai sejarah militer.ulai dari bangunan, reka ulang, armada hingga  persenjataan.

“Semoga masyarakat di Kota Bandung, kian terinsformasi. Bahwa ada  komunitas sejarah seperti “Heritage Lovers” dan juga “Historie van Bandung” yang menfasilitasi wawasan sejarah, tidak hanya militer tapi juga budaya,” terang Rere.

Disamping itu, “Historie van Bandung” juga berharap dengan kegiatan ini semoga dapat memperluas wawasan dan rasa cinta akan sejarah.

“Semoga ada hikmah, juga nilai-nilai  tersirat yang dapat diambil dari kejadian masa lalu yang kita perankan pada saat ini,” pungkas Rere.

“Historie van Bandung” sendiri merupakan komunitas yang aktif. Dalam berbagai macam reka ulang atau teatrikal sejarah. Dengan menggunakan pakaian dan peristiwa yang pernah terjadi seperti Bandung Lautan Api (BLA), Angkan Perang Ratu Adil (APRA), Serangan umum 1 Maret dan cerita sejarah lainnya. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU