Jurusan Keren di SBMPTN untuk Mengasah Otak dan Hati - Beredukasi.com
Home / Pendidikan Luar Biasa / Jurusan Keren di SBMPTN untuk Mengasah Otak dan Hati

Jurusan Keren di SBMPTN untuk Mengasah Otak dan Hati

anak sdBuat Quipperian yang memiliki semangat untuk menjadi guru mungkin ada baiknya mempertimbangkan untuk mengambil jurusan pendidikan luar biasa di SBMPTN 2016. Karena, dengan berani mengambil jurusan itu maka kamu akan menjadi bagian dari perkembangan dunia pendidikan Indonesia. Selain itu, kamu akan memiliki perspektif baru atas keberadaan anak berkebutuhan khusus yang kerap tak dianggap padahal memiliki potensi pribadi yang besar.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Pendidikan Luar Biasa?

Harus dipahami bahwa anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kesempatan yang sama dengan anak-anak lainnya. Hanya saja, jarang sekali ada yang mau terjun langsung membimbing mereka mengembangkan potensi di dalam diri mereka. Untuk dapat menjadi guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus maka kamu perlu masuk ke jurusan pendidikan luar biasa agar tahu bagaimana cara membimbing mereka.

Dengan mengambil jurusan ini, kamu tidak hanya mempelajari tentang dunia pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Akan tetapi kamu juga akan mengasah rasa simpati, empati, dan kepekaan hati terhadap mereka. Jadi, apa yang kamu pelajari bukan hanya soal ilmu melainkan juga tentang rasa kemanusiaan dalam diri kamu.

Fakta Betapa Kerennya Kuliah di Jurusan Sepi Peminat!

Apa Saja yang Dipelajari?

Agar dapat menjadi guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus pastinya kamu perlu mengetahui seluk-beluk mengenai mereka. Di dalam mata kuliahnya, Quipperian akan diajarkan berbagai pelajaran perihal anak kebutuhan khusus. Secara sederhana, mata kuliahnya akan berhubungan dengan kategori anak berkebutuhan khusus.

Hal yang paling utama diajarkan dalam jurusan ini ialah bagaimana membuat kurikulum yang sesuai dengan masing-masing kategori anak berkebutuhan khusus. Lalu, kamu akan mendapat pelajaran bagaimana cara melakukan metode pembelajaran kepada mereka.

Selain dari aspek teknis pendidikan, kamu juga akan mempelajari sedikit banyaknya ruang lingkup psikologi anak-anak berkebutuhan khusus. Ruang lingkup itu diperlukan bagi lulusan jurusan pendidikan luar biasa karena masing-masing kategori anak-anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik berbeda dengan anak-anak pada umumnya.

Tak hanya itu, dalam mata kuliah di jurusan ini kamu juga akan mempelajari bagaimana perspektif dari masing-masing anak berkebutuhan khusus. Hal ini amat penting karena masing-masing kategori anak berkebutuhan khusus memiliki kendala yang berbeda-beda. Misalnya, untuk memahami perspektif anak-anak difabel pendengaran maka kamu akan menerima mata kuliah bahasa isyarat di dalam perkuliahan.

Menjelang akhir perkuliahan, kamu akan diberikan pilihan untuk mengkhususkan diri pada salah satu konsentrasi anak berkebutuhan khusus. Pilihan itu akan disesuaikan dengan ketertarikan kamu terhadap salah satu kategori anak berkebutuhan khusus. Dengan begitu, kamu akan lebih mendalami karakteristik salah satu kategori anak berkebutuhan khusus.

Sama seperti jurusan pendidikan lainnya, di jurusan ini Quipperian akan menjalani fase praktek lapangan. Pentingnya praktek mengajar lapangan ialah kamu bisa langsung menerapkan teori-teori yang kamu dapatkan di kelas. Terutama, untuk membimbing anak berkebutuhan khusus yang terpenting ialah bisa secara langsung menangani mereka dengan tepat.

About admin

Check Also

SLBN A Bersama PPPPTK TK PLB Peringati Hari Tongkat Putih dan Penglihatan Se Dunia 3

SLBN A Bersama PPPPTK TK-PLB Peringati “Hari Tongkat Putih” dan “Penglihatan Se-Dunia”……!

Bandung, BEREDUKASI.Com — SLB Negeri A Kota Bandung bersama Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *