21.4 C
Indonesia
Sunday, 7 August 2022
spot_img

Karang Taruna Desa Cisarua, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Tebar Benih Ikan Nilem, Untuk Kelestarian Alam……..!

Kabupaten Tasikmalaya, BEREDUKASI.Com – KARANG Taruna Desa Cisarua, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Melakukan tebar benih Ikan Nilem di sungai Ciseel, beberapa waktu lalu.

Tujuan tebar benih di aliran sungai tersebut selain untuk menjaga kelestarian ekosistim habitat ikan di sungai. Juga memberikan daya tarik bagi pengunjung sungai Ciseel.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Karang Taruna, terhadap lingkungan di sekitar sungai,” ujar Ketua Karang Taruna Yayat Sobariat pada awak media.

Disebutkannya, ikan yang di tebar tersebut dalam jangka waktu 8 bulan ke depan, sudah bisa dipancing oleh siapa saja. Baik pengunjung atau warga sekitar.

“Inilah yang dinamakan dengan kepedulian bersama. Dimana mereka bisa memancing dan membawa hasilnya ke rumah untuk di konsumsi,” tambahnya.

Ikan jenis Nilem yang di tebar sebanyak 2 Kwintal. Kedepannya diharapkan mencapai 1 ton benih ikan.

Sementara itu, Kepala Desa Cisarua, Wawan R.H menuturkan, kepedulian Karang Taruna terhadap kelestraian lingkungan. Merupakan bentuk dari kecintaan dalam menjaga alam.

“Saya merasa bersyukur, bangga kepada para pemuda yang tergabung dalam Karung Taruna dan telah menjaga ekosistim sungai,” katanya.

Dijelaskannya, sejak dulu sungai Ciseel terkenal dengan beragam jenis ikan yang hidup di perairan tersebut. Akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, habitat ikan rusak dan nyaris punah.

“Mereka melakukannya dengan cara meracun, portas dan sejenisnya,” imbuh Wawan.

Dikatakannya, atas inisiatif Karang Taruna diharapkan kelestarian dan kejayaan sungai Ciseel dengan hidupnya beragam jenis ikan, bisa pulih kembali. (ombik/net).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU