20.4 C
Indonesia
Wednesday, 17 August 2022
spot_img

Karang Taruna Purwamandiri Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Purwamekar……..!

Purwakarta, BEREDUKASI.Com — KARANG Taruna Purwamandiri giatkan sosialisasi Permasalahan dan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Dengan rangkaian acara Penyuluhan HIV, Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat, dan Pemberdayaan SDM yang tergabung dalam Kader Pegiat Sosial di wilayah Pemerintahan Kelurahan Purwamekar.

Dengan di awali Penyuluhan HIV di Aula Kelurahan, Masyarakat yang hadir diberikan materi pemahaman beserta sesi tanya-jawab. Yang di suguhkan oleh Komisi Penanggulangan HIV Kab. Purwakarta dan Pihak PKM Puskesmas Koncara.

“Untuk Penyuluhan HIV, materi yang kita ulas dibawakan oleh KPA bagian Kepala Sekretariat Bapak Wahyu Hairin dan Bapak Nanang Heryana dan dari pihak Puskesmas Koncara. Dokte. Ricky Purnomo dan Dokter Widyaningsih beserta Kapus Koncara, Ibu Neni Ruhyawati,” tutur Helent Setiangningtias, selaku anggota Katar Purwamandiri yang juga menjadi Panitia acara itu. Purwakarta, Senin (17/2/20).

Orang Dengan HIV dan Aids (ODHA) diklarifikasikan dengan stadium sebagai berikut :

Stadium 1, Timbul gejala demam, kelenjar getah bening membesar, badan terasa lemas, sakit tenggorokan, Diare, infeksi jamur. ODHA juga kerap masih tampak normal layaknya orang sehat pada umumnya. Alhasil, pada tahun ke 10, banyak yang tidak menyadari bahwa mereka telah terinfeksi virus HIV dan menularkannya ke orang lain.

Stadium 2. Pada gejala HIV stadium ini, daya tahan tubuh ODHA umumnya sudah mulai turun. Virus menunjukkan aktivitasnya pada daerah yang memiliki membran mukosa kecil. Gejalanya beragam, tapi masih belum khas atau begitu spesifik.

Stadium 3. Penderita biasanya akan merasa lemah dan menghabiskan waktu 50% di tempat tidur. Namun, diperlukan pemeriksaan darah untuk menegakkan diagnosis dengan tepat. Rentang waktu dari gejala HIV stadium III menuju AIDS rata-rata 3 tahun.

Seusai pemaparan materi tentang HIV dan Aids masyarakat diberikan pelayanan cek kesehatan gratis dengan samping darah.

“Sehabis penyampaian materi kita mengadakan penyuluhan cek penyakit HIV dan Aids Gratis di tempat,” tutur Kapus Koncara, Hj. Neni Ruhyawati.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Produk KUR BRI untuk menunjang kegiatan Usaha masyarakat di wilayah Kelurahan Purwamekar dan dukungan kegiatan Kader Sosial di wilayah itu.
(Wief).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU