Kejelian Kepsek Melakukan "Assessment" Terhadap Siswa Didik Sangat Diperlukan - Beredukasi.com
Home / SD / Infoku / Kejelian Kepsek Melakukan “Assessment” Terhadap Siswa Didik Sangat Diperlukan

Kejelian Kepsek Melakukan “Assessment” Terhadap Siswa Didik Sangat Diperlukan

BANDUNG, beredukasi.com – BERMULA dari laporan beberapa guru pengajarnya. Ketika akan menentukan masalah kenaikan kelas. Kepala SDN 080 Bojong Indah Cibuntu kota Bandung, ahirnya melakukan “assessment”, terhadap beberapa siswa didiknya.

“Saya tentu saja merasa sangat kaget. Ketika ada beberapa guru melaporkan. Bahwa di kelas yang berbeda tingkatnya, ada beberapa peserta didik yang tidak akan naik kelas. Dengan alasan selama satu tahun belajar, peserta didik tersebut tidak dapat mengikuti program pembelajaran dengan baik. Dan tidak menunjukkan perkembangan belajar yang positif. Bahkan nilai-nilainya jauh dibawah standar para siswa pada umumnya. Hal ini terlihat ketika penentuan nilai untuk kenaikan kelas,” papar Luh Emmy Kamsritin, S.Pd, M.MPd selaku Kepala Sekolah dengan nada serius.

Berlari dari pengalaman dan kejeliannya menjadi “sosok” yang dulunya, seorang guru atau pengajar. Demi kebaikan para siswa didiknya, ahirnya dilakukanlah “assessment” terhadap beberapa peserta didik. Dan ternyata memang, ada beberapa peserta didiknya yang berbeda dari peserta didik normal lainnya.

Luh Emmy selaku Kepsek, tidak berani mengatakan peserta didik tersebut, “Berkebutuhan Khusus” dengan alasan bukan kapasitasnya untuk mengatakan itu. Sebelum mendapat keterangan ‘hitam di atas putih” dari ahlinya.

WhatsApp Image 2017 08 18 at 17.40.151Berkat cepat tanggapnya “sosok” naluri seorang Kepala Sekolah. Ahirnya beberapa siswa didik yang ditemukan “Berkebutuhan Khusus” itu, atas bantuan tim dari “Bandung Resource Center”.

“Jujur saya merasa terenyuh, jika mereka ini dibiarkan. Ahirnya saya dengan beberapa guru dan tim dari “Bandung Resource Bandung”. Serta atas persetujuan orang tua peserta didik, melakukan “assessment”. Demi kebaikan siswa didik kami ini,” kata Emmy nama akrab sang Kepsek, ketika bertemu dengan BEREDUKASI.Com, Jum’at (17/8/2017).

Ahirnya dilakukanlah “assessment” oleh guru dan beberapa ahli dari “Bandung Resource Center” untuk membantu para siswa didik ini.

“Sedangkan untuk siswa didik ABK ini. Tentu saja dibutuhkan tenaga¬† “Helper”. Nah…ini yang membuat saya, harus terus berfikir. Sebab pasti akan membutuhkan dana yang tidak sedikit, jika harus ada “inklusif” hehehe…,” kata Emmy seraya tersenyum.

“Jujur kalau saya harus mengeluarkan siswa didik ABK ini. Atau memindahkan ke sekolah lain, bagaimana perasaan orang tua siswanya..? Dan mohon maaf sebelumnya, siswa didiknya juga rata-rata dari kalangan ekonomi bawah. Tapi kan…mereka ini sangat membutuh pendidikan,” kata Emmy dengan nada agak sendu.

Lalu apakah jika di sekolah ini ada juga Inklusif nya sudah siap..?

“Selama ada “Legalitas Statement” yang dikeluarkan oleh yang mempunyai wewenang kenapa tidak..?,” jawabnya tegas. (HKS)

About admin

Check Also

photostudio 1618493889553

Kembali SDN 222 Pasirpogor Kota Bandung, Membuktikan Prestasinya Diajang Olimpiade Nasional 2021…….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — BERKAT kerjasama yang baik antara Kepala Sekolah, Para Guru, Staf lainnya serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *