26.4 C
Indonesia
Sunday, 27 November 2022
spot_img

Kementerian ESDM Bekerjasama Dengan Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat…..!

Bandung, BEREDUKASI.Com – GUNA meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Pusat Pengembangan Sumber Daya Kelistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Salasatu bentuk kerjasamanya adalah meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK yang terkait dengan bidang energi dan sumber daya mineral.

Kepala Subbidang Evaluasi PPSDM KEBTKE, Ahmad Nasarudin mengutarakan, kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang ketenagalistrikan di tingkat SMK.

Program ini juga merupakan langkah mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 9 tahun 2016, tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia di Indonesia.

“Berangkat dari Inpres tersebut, kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat untuk meningkat kualitas siswa SMK. Khususnya di bidang ketenagalistrikan dengan melakukan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi,” tutur Nasarudin, saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jl. Radjiman 6, Kota Bandung, Senin, 8 Oktober 2018.

Karena masih tahap awal, kerjasama ini masih berbentuk sosialisasi dari pihak PPSDM KEBTKE ke seluruh Kepala Sekolah SMK Jawa Barat yang  dilaksanakan hari ini, Selasa (9/10/18) di Wisma PPSDM Aparatur, Jl.Cisitu Lama 37, Kota Bandung.

Nasarudin berharap, lewat kegiatan ini peserta didik SMK semakin berdaya saing dan berkeunggulan untuk menyambut Masyarakat Ekonomi Asian (MEA).

“Dari pemetaan yang kita buat, Jawa Barat sangat berpotensi memenuhi kriteria untuk meningkatkan peserta didik yang unggul dan memiliki kompetensi yang lebih baik,” ucap Nasarudin.

Staf PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat, Nelli Yohana menyambut baik kerjasama tersebut. Ia mengatakan dengan diadakannya sertfikasi untuk peserta didik SMK, akan meningkatkan kualitas peserta didik Jawa Barat di bidang ketenagalistrikan.

“Kami sangat merespon baik program yang akan diadakan oleh PPSDM KEBKTE Kementrian ESDM. Kita berharap di proses sosialiasi besok, banyak SMK yang tertarik untuk mengikuti kerjasama tersebut,” tutur Nelly. (Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU