22.4 C
Indonesia
Friday, 19 August 2022
spot_img

Kepala Sekolah Adalah Agent of Change

BANDUNG, BEREDUKASI.COM – BEBERAPA waktu lalu, Hikmat Ginanjar selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung. Dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab), bertempat di Aula SMPN 2 Kota Bandung.

Hikmat dalam sambutannya mengatakan, kepada sekitar 193 Kepala SD Negeri yang hadir. Mereka harus menjadi Agen perubahan, dalam mendedikasikan buah pikiran dan tenaganya. Untuk memberikan yang terbaik, kepada Sekolah yang mereka Pimpinnya.

‘Ini ada Kepala Sekolah yang Lulus dari Calon Kepala Sekolah (CKS) yang baru. Juga ada Kepala Sekolah yang lama dan dirotasi,’ kata Hikmat, setelah melakukan acara Sertijab.

‘Tentu saja harapan saya mereka harus membuat Karya yang Terbaiknya. Sebab mereka sudah dibekali ilmu, baik kepada Kepala Sekolah yang baru maupun yang lama. Tentu saja melakukan perubahan, karena Kepala Sekolah adalah Agent of Change. Agen perubahan yang akan merubah peradaban dunia, secara keseluruhan secara umum. Khususnya, bagaimana membentuk Profil Pelajar Pancasila di Kota Bandung,’ jelas Hikmat.

Bahkan Hikmat juga menjelaskan, bahwa pada tanggal 27 April 2022, para Kepala Sekolah tersebut, sudah dilantik oleh Yana Mulyana Wali Kota Bandung.

Ketika disinggung berkenaan dengan agak carut marutnya masalah Rotasi Kepala Sekolah ini ?

‘Hikmat hanya mengutarakan bahwa Promosi, Rotasi dan Mutasi, itu hal biasa. Mereka harus siap di tempatkan dimana saja,’ jawabnya.

Mereka juga, kata Hikmat ditempatkan sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

‘Setiap Kepala Sekolah memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal kultur. Maka penempatan Kepala Sekolah ini juga, tentu saja dengan berbagai pertimbangan yang sangat matang,’ tandasnya.

Para kepala sekolah itu juga kata Hikmat, setiap tahunnya dinilai dan ada Raportnya.

Ketika disinggung ada empat CKS yang tidak terlantik, jawab Hikmat. Bahwa masalah tersebut mengacu pada aturan Permendikbud nomor 40. Karena terganjal batas usia saat akan dilantik pada tanggal 27 April 2022.

‘Batas usia yang membatasi mereka, sehingga tidak bisa diberikan kesempatan. Pada saat itu sudah batas waktunya. Tidak memungkinkan (untuk dilantik). Tapi kami mencoba berupaya berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat tetapi sejauh ini belum ada gambaran seperti apa,’ kata Hikmat.

Diketahui di Kota Bandung, jumlah SDN ada sekitar 274 sekolah. Per tanggal 1 Mei 2022, ada tiga Sekolah yang kosong dijabat oleh Plt, dua sekolah karena pensiun dan satu sekolah kosong karena meninggal dunia. (HKS).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU