FeaturedRagam

Ketika Banyak Negara Lain Masih Berkutat Dalam Sekolah Seni, Indonesia Ternyata Sudah Jauh Lebih Maju……!

0

Jakarta, BEREDUKASI.Com — MESKI gempuran tarian asing merangsek dikalangan milenial, namun komunitas tari tetap tumbuh subur. Tumbuhnya berbagai Komunitas, termasuk Komunitas Tari, menjadi salasalah satu titik penting dalam jejaring kesenian di Indonesia.

Ketika banyak negara lain masih berkutat dalam Sekolah Seni, Indonesia ternyata  sudah jauh lebih maju. Karena memiiliki banyak Komunitas Kesenian yang bisa menjadi pendidikan alternatif dalam berkesenian.

Demikian informasi yang mengemuka dari Diskusi Tari dengan mengangkat tema “Komunitas Tari Sebagai Sekolah Alternatif”.

“Kita memang masih tetap mengakui bahwa eksistensi Komunitas Tari masih tetap diperhitungan,“ kata Aiko Senosoenoto dari Eki Dance Company. Sebagai salasatu pembicara dalam diskusi tari bertema “Komunitas Tari Sebagai Sekolah Alternatif” di Graha Bakti Budaya (GBB), Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Jumat (23/8/19)

Perempuan kelahiran Jakarta, 26 Mei 1966 itu mengungkapkan, pengalamannya dalam mengelola Eki Dance Company.

“Sebagai pengelola Eki Dance Company, sejauh ini saya menilai kalau Komunitas lebih bebas dalam kreasi. Karena tidak terikat kurikulum sebagaimana yang terjadi di sekolah formal,” katanya.

Diakui Aiko, dalam Komunitas Tari yang dikelolanya tidak perlu ada gelar apa pun.

“Karena yang terpenting kita terus berkreasi menciptakan karya,“ Aiko menegaskan.

Aiko  mengkisahkan bahwa Komunitas Tari yang dibangunnya bersama sang suami, Rusdy. Bahkan menjadi semacam “Therapy Penyembuhan” bagi banyak anggotanya.

“Ketika memulai dulu, anggota saya ada yang pecandu narkoba, pecandu seks bebas, anak “broken home”, anak yang putus asa karena gak tak mau ngapain dan akhirnya semua punya tujuan. Yakni berkarya lewat Tari,” kenang Aiko.

Sementara itu Ruri Nostalgia, pembicara lainnya menyoroti tentang Komunitas Tari Padanecwara yang sejak 2003 dirinya diangkat  menjadi Manager Program.

“Dari dulu kita sudah menerapkan kalau Komunitas kita, tidak hanya terikat pada satu orang yang jadi patron. Meski masyarakat masih tetap melihat sosok orang yang paling berpengaruh dalam Komunitas, tetapi kita ingin Ruri sebagai Ruri dan mandiri menjadi sosok Ruri dengan karyanya sendiri,“ terang Ruri.

Ruri juga menyorot tentang Komunitas tidak hanya belajar Tari. Tapi berbagai aspek kehidupan di dalamnya.

“Itulah yang membedakan kita di Komunitas Tari dibanding sekolah formal,“ tegasnya.

Adapun, Farid Alfaruqi sebagai Pengamat Tari dan Kesenian lainnya. Melihat Seniman Tari Indonesia, tumbuh dalam lingkungan Sekolah Seni formal dan komunitas informal.

“Kedua institusi itu dengan caranya masing-masing, telah melahirkan dan membesarkian Seniman Tari di Indonesia,“ terangnya.

Farid mengingatkan agar Komunitas Tari tidak terjebak dalam satu patron saja, yang berakibat kalau satu patron itu meninggal. Maka Komunitas Tari akan mati atau terhenti kegiatan berkeseniannya.

Diskusi yang dipandu Heru Joni Putra ini, menjadi bagian dari gelaran “Jakarta Dance Meet Up” (JDMU) dengan tema “Perempuan, Seni dan Kodrat” yang digelar dalam rentang waktu 23-26 Agustus 2019 di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Program yang digagas Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) ini. Menghadirkan beragam kegiatan, antara lain Pameran dan Bazzar, Tari, Diskusi, Sharing Session dan Pertunjukan serta Peluncuran Buku “Unboxing Tari”. (Buyil)

admin

Kodam III/Siliwangi Memiliki Komitmen Untuk Melaksanakan Proses Rekrutmen Calon Bintara Yang “Clean and Clear”……!

Previous article

Sesuai judulnya, film “Bali: Beats of Paradise” Sangat Kental Dengan Seni Budaya Bali…..!

Next article

You may also like

More in Featured