Literasi "Kekinian" SDN 137 Cijerokaso...! - Beredukasi.com
Home / SD / Infoku / Literasi “Kekinian” SDN 137 Cijerokaso…!

Literasi “Kekinian” SDN 137 Cijerokaso…!

SDN 137 Cijerokaso 1Oleh : Carjani, S.Pd.

Bandung, BEREDUKASI.Com — KAMI sekarang memiliki perpustakaan yang megah dan baru selesai pembangunannya.

Tahun 2017 ini, melalui Dinas Pendidikan Kota Bandung. Kami mendapatkan bantuan dari Kementrian, berupa bangunan Perpustakaan. Tetapi bukan berarti sebelumnya kami tidak memiliki Perpustakaan. Perpustakaan sudah ada, tetapi dengan kegiatannya, hanya serba biasa saja pada umumnya Perpustakaan Sekolah Dasar (SD).

SDN 137 Cijerokaso 4Sekarang kami memiliki Perpustakaan yang “Representatif”. Antusias dari semua warga sekolah, sangat mencengangkan. Padahal jangankan diresmikan, kelengkapannya juga belum ada. Karena baru bisa menyelesaikan bangunannya saja. Namun kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan oleh para Guru, sudah dimulai bahkan perpustakaan menjadi “Basis” segala kegiatan.

SDN 137 Cijerokaso 2Sejak tgl 15 s/d 16 November 2017. Sebanyak 30 peserta didik, telah melaksanakan kegiatan pelatihan “Jurnalis Cilik”. Dalam membuat Mading (Majalah Dinding), bersama Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung.

Bukan itu saja, pada hari yang sama. Telah dibuat juga “Film Pendek”, bercerita tentang “Literasi Kekinian” untuk mengikuti ajang lomba bertajuk “Jambore Literasi”.

SDN 137 Cijerokaso 3Sutradara dan para pemerannya atau aktor dan artisnya yaitu warga sekolah. Bahkan mulai dari Sutradara dan para pemerannya ini, semuanya samasekali belum pernah terlibat dalam penggarapan sebuah film, begitupun dengan penggunaan peralatan filmnya.

SDN 137 Cijerokaso 4Sungguh luar biasa dan menjadikan semua warga sekolah. Merasa semangat dan saling mendukung. Rasa lelah tidak terlihat, padahal ada beberapa “scene” atau adegan yang harus dilakukan berulang-ulang.

Dalam penggarapan “Film Pendek” yang bertajuk “Ngintip” ini. Bercerita tentang seorang siswa didik yang mempunyai fisik, berbeda dengan siswa didik pada umumnya. Siswa didik ini, berpostur tubuh yaitu boncel. Tetapi siswa didik ini, mempunyai kelebihan yaitu sangat SDN 137 Cijerokaso 6lincah, sangat percaya diri dan memang suka “Ngintip”. Dan ternyata dengan tingkah polahnya Si Boncel yang suka “Ngintip”-nya ini adalah SDN 137 Cijerokaso 5mengintip hal-hal yang positif. Dan Si Boncel yang suka “Ngintip” itu punya prinsip selalu “Aku Harus Tau….!”. Sehingga Si Boncel ini, jadi banyak membaca dan selalu ingin mencoba. Bahkan hasil dari “Ngintip” itu, suka disebarkan juga kepada teman-temannya.

Terima kasih kepada semua pihak, semoga semua kegiatan “Literasi” di sekolah kami. Bisa lebih meningkat serta menjadi motivasi untuk kami selaku Kepsek. Dan tentu saja untuk seluruh warga SDN 137 Cijerokaso Kota Bandung, agar lebih maju lagi. Salam Literasi…!

Catatan : Carjani, S.Pd adalah Kepala SDN 137 Cijerokaso Kota Bandung.

About admin

Check Also

photostudio 1618105570369

Band Radja “Sapu Jagat” Di Bulan Ramadan…….!

Jakarta, BEREDUKASI.Com — GRUP Band Radja membuktikan diri, sebagai band papan atas yang tetap produktif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *