22.4 C
Indonesia
Wednesday, 28 September 2022
spot_img

LPM UNPAS Fasilitasi Program Kemerinstekdikti Lewat Workshop Penulisan dan Pengusulan Program PKM……!

Bandung, BEREDUKASI.Com — LEMBAGA Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Pasundan menyelenggarakan Workshop Penulisan dan Pengusulan Proposal (PKM) Pengabdian Kepada Masyarakat. Telah berlangsung beberapa waktu yang lalu di Aula Haji Hasan Mustofa, Kampus IV Universitas Pasundan, Jl. Setiabudhi No.193 Bandung.

Workshop ini memfasilitasi Dosen seluruh Indonesia, dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terutama dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat atau Penerapan Iptek.

Acara  ini menghadirkan narasumber yaitu Kasubdit Pengabdian pada Masyarakat Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti, Drs. Suwitno, Dosen Unpas-Reviewer PKM Universitas Pasundan,.Dr.Dindin Abdurohim BS, S.Sos., MM., M.Si., dan  Dosen UGM-Reviewer Kemenristekdikti, Dr. drh. R.Wisnu Nurcahyo.

Acara yang didukung oleh Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) ini, diikuti oleh 19 Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Baik PTN maupun PTS dari berbagai bidang keilmuan seperti Universitas Padjadjaran, Telkom University, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Majalengka, Universitas Islam Bandung, Unversitas Katolik Parahyangan, Universitas Langlangbuana, Universitas Atmajaya Jakarta, Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama), STP Trisakti Jakarta, Poltekes Tanjungkarang Lampung, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia, dan sebagainya.

Pada kesempatan acara ini juga, diberikan penghargaan dari Ketua  Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Pasundan Dr. H. Asep Dedy Sutrisno, MP. kepada para Dosen Unpas yang Lolos Hibah DRPM Kemenristek Dikti, baik Mono Tahun maupun Multi Tahun untuk Pelaksanaan Tahun 2019.

Narasumber dalam kegiatan ini, Dr. Dindin Abdurohim BS, S.Sos., MM., M.Si. mengungkapkan bahwa melalui workshop ini, narasumber memberikan Informasi tentang kebijakan, karakteristik Jenis Program dan  teknik penulisan dan pengusulan Proposal. Serta tips, trik dan strategi bagaimana proposal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) layak untuk didanai DRPM Kemenristekdikti.

“Diharapkan melalui kegiatan workshop ini para Dosen dapat membuat proposal PKM sesuai dengan tuntutan jenis Program yang mengandung novelty (keterbaruan). Maupun berdaya guna bagi masyarakat di era revolusi industry 4.0. dan society 5.0,” ulasnya.

Dindin juga menambahkan bahwa kegiatan Workshop seperti ini, sudah seharusnya dilaksanakan secara rutin oleh Perguruan Tinggi. Dan adanya Kolaborasi Antar Bidang Ilmu atau Kepakaran serta Antar Perguruan Tinggi  bahkan dapat dilaksanakan antar perguruan tinggi Tingkat Internasional.

“Sumber Pendanaan selain dari Kemenristek Dikti dapat kolaborasi dari dana Internal Perguruan Tinggi, Pemda dan CSR Baik BUMN maupun Swasta,” lanjutnya.

Disamping itu sebaiknya setelah Workshop juga, diadakan kegiatan Coahing penulisan Propsal dan di Review sebelum di Ajukan ke DRPM Kemenristek Dikti.

“Sebagai Catatan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat atau Penerapan Iptek merupakan salasatu Tridarma. Yaitu Kewajiban Dosen dan berharap DRPM Kemenristek Dikti memberikan Angka Kredit atau Bobot Penilaian sejajar Dengan Penelitian,” pungkasnya sore itu. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU