21.4 C
Indonesia
Friday, 7 October 2022
spot_img

“Malia” Asiknya Menjadi Pemandu Sejarah…!

Bandung, BERDUKASI.Com — SELAIN menjadi Ketua Heritage Lovers, aktif melakukan riset sejarah dan bertemu dengan para penulis mengenai Kota Bandung.

Malia Nur Alifa atau “Malia” juga kerap menjadi pemandu sejarah, salasatunya di EO sejarah Historical Trips.

“Asyiknya menjadi Pemandu Sejarah, saya bisa memasuki gedung-gedung tua yang unik. Dimana saya juga dapat merasakan suasana dari setiap sudutnya. Suasananya membawa pada kejadian masa silam dan itu luar biasa,” tutur Malia.

Malia juga menambahkan, dengan berjalan kaki melewati bangunan dan cagar budaya membuat perjalanan semakin menyenangkan. Apalagi jika dapat berbincang langsung dengan orang-orang yang terlibat dalam sejarah.

“Ada kebahagiaan ketika saya dapat menyampaikan informasi mengenai suatu tempat yang terkadang tidak ada di dalam buku sejarah. Selain itu membuat teman-teman yang lain juga sadar mengenai sejarah di daerahnya masing-masing,” ungkap Malia ketika ditanya mengenai alasannya menjadi pemandu sejarah.

Malia juga bercerita, bahwa ketika dirinya hendak memandu sebuah acara. Biasanya dirinya juga terbiasa membuat modul yang akan disampaikan. Kemudian menghafalnya dan di hari penjelajahan dirinya berusaha membuat para peserta nyaman. Dengan materi yang ia sampaikan.

“Saat ini saya juga aktif mengajar di kelas terbuka seperti Saraswati. Kedepannya akan memandu anak-anak di Sekolah Rakyat Ibu Inggit Garnasih dan Panti Asuhan William Booth,” jelasnya.

Jangka panjang Malia berharap, bahwa masyarakat khususnya warga Bandung dan Lembang, akan semakin tertarik belajar sejarah dan peduli dengan tempat tinggal mereka. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU