21.4 C
Indonesia
Saturday, 3 December 2022
spot_img

Mang Oded Ingin HJKB Tidak Sekedar Upacara Seremoni……!

Bandung, BEREDUKASI.Com — WALI Kota Bandung, Oded M. Danial, menginginkan peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) tahun ini, tidak sekedar upacara seremoni. Lebih dari itu, ada sesuatu yang dipandang lebih penting lagi, dapat menumbuhkan semangat untuk menjadikan Kota Bandung yang berusia 208 tahun lebih baik.

“Ada hal yang lebih terpenting lagi, ulang tahun Kota Bandung ini. Diharapkan bisa membangkitkan “spirit” kita. Misalkan semangat menciptakan Bandung lebih baik,” ungkapnya saat diwawancarai sejumlah awak media di Pendopo Kota Bandung, Jl. Dalem Kaum Kota Bandung, Senin (24/9/18).

Mang Oded, demikian sapaan akrabnya, bercerita tentang “spirit” yang diperolehnya dari keluarga besar R.A Wiranatakusumah II. Leluhur yang memimpin cikal bakal Kota Bandung. Dahulu para leluhur merintis kota berjuluk “Parijs Van Java” ini dari yang asalnya hutan belantara.

“Dulu Kota Bandung ini tina leuweung geledegan (hutan belantara, red) jadi sebuah kota. Leluhur kita menata dengan luar biasa, hingga sekarang menjadi sebuah kota seperti ini. Itu kan “spirit” yang harus kita ambil,” tutur orang nomor satu di kota ini.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Yayan A. Brillyana mengemukakan, tema HJKB tahun ini adalah “Bandung Semakin Unggul”, “Semakin Juara”. Harapannya, tema dapat menggugah semangat Kota Bandung. Untuk meningkatkan keunggulan di berbagai bidang maupun SDM. Ini menjadi motivasi untuk semakin Juara. Sebagaimana Visi Kepala Daerah Baru yakni “Melanjutkan Bandung Juara” yang Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis.

“Tagline yang diusung adalah “Bandung Sauyunan”, karena kami ingin membangun Kota berjuluk Kota Kembang ini, bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali,” sebutnya.

Sejalan dengan itu, logo yang dipilih menggambarkan “Jembatan Pasupati”. Jembatan bukan sebagai pemisah tetapi sebagai pemersatu warga Kota Bandung. Untuk selalu mengedepankan keunggulan dan membuat Kota Bandung semakin Juara. Warna “oranye” pada jembatan merepresentasikan warga kota yang ceria, kreatif dan inovatif.

Lebih lanjut Yayan menjelaskan, maksud dan tujuan penyelenggaraan HJKB. Antara lain untuk mengenang dan melestarikan kebesaran peran sejarah Kota Bandung sebagai kota perjuangan. Selain itu juga menumbuhkembangkan kesadaran, semangat dan rasa memiliki serta mencintai Kota Bandung dan menumbuhkembangkan partisipasi, inovasi dan kreativitas seluruh masyarakat Kota Bandung.

“Untuk rangkaian acaranya, telah dimulai dengan pengambilan Video ucapan selamat Hari Jadi ke-208 Kota Bandung yang telah dilaksanakan pekan lalu. Kemudian tadi pagi telah dilaksanakan ziarah ke makam leluhur pendiri Kota Bandung. Hari ini Selasa (25/9/18). Akan dilaksanakan upacara puncak peringatan HJKB. Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda DPRD dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-208 tahun 2018,” terang Yayan.

Di samping itu, ada juga pelaksanaan “Indonesian City Government PR Summit” yang akan digelar 4 Oktober 2018 mendatang, “Bandung Light Festival” (13 Oktober 2018). Dengan peserta seluruh OPD dan Swasta di Kota Bandung, “Bandung Halal Culinary” (13 Oktober 2018) dan “Bandung Great Sale”. Dalam periode 14 Oktober 2018 sampai dengan 11 November 2018. (Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU