20.4 C
Indonesia
Wednesday, 17 August 2022
spot_img

Mang Oded Targetkan Bangun Empat Sampai Lima “Flyover”…..!

Bandung, BEREDUKASI.Com — WALI Kota Bandung, Oded M. Danial, menargetkan membangun empat sampai lima jembatan layang atau “flyover”. Selama masa kepemimpinannya lima tahun ke depan. Saat ini hibah dari Korea Selatan dalam proses pembuatan DED (Detail Engineering Design). Selebihnya masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi.

“Yang sedang diproses sekarang adalah hibah dari Korea (Selatan). Mudah-mudahan segera terealisasi. Kami sudah beberapa kali mengadakan pertemuan. Mereka sudah sangat menunggu DED dari kita,” ungkapnya, selepas menghadiri media gathering di Bumi Sangkuriang, Ciumbuleuit, Kota Bandung, Selasa (18/12/18).

Sejauh ini, kata pria yang akrab disapa Mang Oded itu, titik yang masih dikaji di antaranya Jl. Jakarta –Jl. Ahmad Yani, Jl. Gatot Soebroto –Jl. Lingkar dan Jl. Pajajaran –Pasirkaliki. Selain itu, ada juga persimpangan Jk. Kopo dan persimpangan Jl. Buahbatu.

“Mang Oded sudah mengadakan Rakor (Rapat Koordinasi) dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) juga dengan PU Provinsi. Pekerjaan rumah yang belum tuntas seperti di Jl. Kopo dan Jl. Buahbatu terus dibahas. Insya Allah ke depan sisanya bisa selesai di zaman saya. Minimal ada empat sampai lima “flyover”. Mudah-mudahan bisa terealisasi karena prosesnya sudah mulai berjalan,” sambungnya.

Semua itu, lanjutnya, sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi kemacetan di sejumlah titik di Kota Bandung. Karena jika melihat Undang Undang Perhubungan, jalan itu untuk lalu lintas kendaraan, diupayakan tidak boleh ada “Barrier”.

Di samping pembuatan “flyover”, Pemerintah Kota Bandung pun mencoba terus meningkatkan disiplin masyarakat. Agar tidak parkir di bahu jalan, misalkan Operasi Cabut Pentil, PKL tidak boleh berjualan di bahu jalan. Dan mengupayakan agar dapat memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi massal.

“Akan dapat 15 bus tiga per empat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ini bagian upaya memperbanyak angkutan massal di Kota Bandung,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menambahkan, dalam jangka panjang Pemkot Bandung akan mengurai masalah kemacetan yang masalahnya cukup klasik. Yakni karena terlalu banyak persimpangan jalan atau perlintasan kereta api.

“Kami akan berupaya memperbanyak perlintasan tidak sebidang. Selain “flyover”, bisa juga underpass. Ada beberapa underpass yang perlu dibangun. Juga akan berupaya mengalihkan pengendara pribadi ke angkutan massal. Bisa menggunakan bus atau transportasi massal yang lain,” katanya. (Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU