24.4 C
Indonesia
Tuesday, 29 November 2022
spot_img

Mendorong Daya Baca Masyarakat Lewat Pameran Buku Juara….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — BUKU dan membaca adalah hal yang sangat penting, begitu ulas Taufiq Rahman Ahmad, Ketua 1 Bidang Organisasi di IKAPI Jawa Barat dan Wakil Ketua Pelaksana Panitia Pameran Buku Juara yang berlangsung dari tgl 6 s/d 12 November 2018 di  Gedung Landmark, Jl. Braga 129 Bandung.

IKAPI, lanjut Taufiq memang berupaya untuk ikut mencerdaskan bangsa dan salasatunya lewat Pameran Buku yang digelar secara rutin.

“Buku merupakan basis peradaban, titik awal keberhasilan seseorang salasatu aspeknya dapat dilihat dari banyak tidaknya membaca buku. Karena akan berbeda cara berpikir dan bercakap orang yang terbiasa membaca buku atau tidak,” terangnya.

Berangkat dari pernyataan Milan Kundera, salasatu Novelis terkenal yang mengatakan, “Jika ingin menghacurkan peradaban bangsa maka hancurkan buku-bukunya”. Karena itu, lanjut Taufiq maka buku perlu ada dan harus selalu ada.

Saat ini budaya membaca di Jawa Barat sendiri belum fantastis.

Namun setiap tahun ada kenaikan pengunjung pameran. Dan hal ini tetap sebuah pencapaian dan kebanggaan. Bahwa lambat laun kesadaran untuk membaca turut hadir.

Selain pameran buku, IKAPI sendiri memiliki program unggulan untuk membantu daya dorong membaca masyarakat yaitu lewat Seminar tentang Literasi, Pelatihan kepenulisan dan Digital, Melakukan kunjungan ke TBM dan memberiman buku gratis. Sampai mengikuti studi banding ke berbagai kawasan salasatunya ke Frankfrut Bookfair di Jerman.

“Kami berharap bahwa Pameran Buku Juara bisa dilaksanakan tiap tahun. Sebagai wahana wisata edukasi bagi masyarakat dan virus membaca yang terus dikembangkan,” tutup Taufiq.

Sementara itu, Albin, mahasiswa UNISBA semester V yang mengikuti  pameran ini berkata. Bahwa acara ini sangat bagus dan menarik, namun akan lebih bagus. Jika lebih banyak Penerbit ikut terlibat, agar buku yang disajikan semakin bervariatif. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU