Mengedukasi Masalah Sungai Citarum….! – Beredukasi.com
Home / Featured / Mengedukasi Masalah Sungai Citarum….!

Mengedukasi Masalah Sungai Citarum….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — BEBERAPA Perguruan Tinggi di Indonesia, sudah “merapat” ke Sungai Citarum yang merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat (± 225 kilometer).

Bukan saja dari Perguruan Tinggi, tetapi telah dimulai juga dari para peserta didik tingkat Sekolah Dasar (Sekolah Dasar). Semuanya ini tentu saja merupakan edukasi bagi mereka, untuk menelisik dari berbagai aspek.

Apalagi sekarang ini ada beberapa  elemen yang sangat peduli terhadap Sungai Citarum. Dan sedang gencar-gencarnya untuk “memulihkan” kembali Sungai Citarum dari gempuran-gempuran berbagai macam sampah dan limbah pabrik.

Salasatu contohnya yaitu Sektor 7 Satgas Citarum, Rabu (27/6/18), ada 30 mahasiswa KKN Tematik dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Hadir untuk mengikuti kegiatan pemaparan materi sosialisasi Program Citarum Harum oleh Dansektor di Balai Desa Dayeuhkolot.

Kedatangan 30 mahasiswa KKN Tematik ini, berada di Wilayah Tugas yang dipimpin oleh Komandan Sektor 7 yaitu Kolonel Kav. Purwadi. Dan kegiatan ini akan berlangsung sampai tgl 31 Juli 2018 mendatang.

Para mahasiswa UGM ini terdiri dari berbagai Fakultas, diantaranya Fakultas Teknik, Ekonomi, Matematika, Kimia, Pertanian, Fisika, Nuklir, Sastra, dan KesehatanMasyarakat.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini, diantaranya tentang Latar Belakang Dibentuknya Satgas Citarum, Permasalahan Sungai Citarum dan Kondisinya sampai saat ini. Mulai dari hulu sampai dengan hilir, Susunan Tugas Satgas Citarum, Hasil Survei, Observasi dan Pengecekan terhadap air dan ikan di Sungai Citarum. Serta solusi untuk mengatasi masalah Citarum.

“Termasuk yang dijelaskan adalah Progress Report selama 4 bulan Satgas bekerja,” jelas Kolonel Kav. Purwadi.

Selain menerima mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari UGM. Selanjutnya Sektor 7 dijadwalkan akan kedatangan juga 80 mahasiswa KKN dari Universitas Airlangga (Unair) tgl 9 Juli hingga 23 Juli 2018. Terus 40 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dari minggu ke-2 Juli selama 40 hari dan 40 mahasiswa lainnya dari Unikom tgl 9 Juli sampai 23 Juli 2018.

Keberadaan mahasiswa KKN di lingkungan Sektor Satgas Citarum ini, merupakan program yang telah dicanangkan oleh Menristekdikti Profesor M. Nasir pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Jl. Dipatiukur, Kota Bandung, Kamis (3/5/2018) lalu. Saat itu Menristekdikti meluncurkan dan mencanangkan program KKN Tematik Citarum Harum bertajuk Sumbangsih Pendidikan Tinggi Untuk Wujudkan Citarum Harum.

Ada 3 Sasaran dari KKN Tematik  yang disampaikan oleh Menristekdikti, Pertama, pendampingan dan edukasi kepada masyarakat. Ke-Dua, hasil dari pendidikan tinggi di implementasikan kepada masyarakat dan ke-Tiga, bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat. (HKS)

About admin

Check Also

Jawa Tengah Genjot Ekspor Produk Herbal, Konon Produk Herbal Ini Banyak Dibutuhkan Sebagai Salasatu “Penguat Imun Tubuh”…….!

Semarang, BEREDUKASI.Com — PEMERINTAH Provinsi Jawa Tengah akan terus bergerak, dalam meningkatkan Ekspor kendati pandemi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *