21.4 C
Indonesia
Thursday, 29 September 2022
spot_img

“Milangkala” 80 Tahun Ajip Rosidi Berlangsung Meriah dan Khidmat

BANDUNG, BEREDUKASI.Com — Rabu, 31 Januari 2018 Para seniman di Jawa Barat berkumpul meramaikan “Milangkala” 80 Tahun Sastrawan, budayawan sekaligus tokoh bahasa Ajip Rosidi di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut No 2 Kota Bandung.

Etty RS, Ketua Panitia acara ini mengungkapkan bahwa Perayaan Milangkala 80 Tahun Ajip Rosidi merupakan ungkapan rasa syukur serta untuk “napak tilas” rekam jejak Ajip Rosidi,  melalui Peluncuran buku Ajip Rosidi,  pertunjukan seni dan sastra, pidato kebudayaan dan  pengunguman hadiah Sastra “Rancage” tahun 2018. Turut hadir pula  “BIMBO” menyanyikan sebuah lagu dalam memeriahkan acara tersebut.

“Acara ini dihadiri oleh rekan-rekan dekat beliau yang juga merupakan seniman besar. Misalnya saja Iman Soleh, Dasentra, Grup tembang sunda, Godi suwarna dan lainnya,” tutur Etty kepada Beredukasi.com

Ajip Rosidi dalam pidatonya juga berharap bahwa pers dan jurnalistik sunda akan bangakit dan orang sunda berani untuk berkarya agar kebudaayaanya bisa terus terjaga.

Ditemui di tempat yang sama Aam Amilia, sahabat sekaligus sastrawan sunda juga menuturkan bahwa acara ini merupakan sebuah  penghormatan dan apresiasi terhadap Ajip Rosidi atas perjuangannya dalam membela sastra sunda dalam kurun waktu yang cukup lama dan menggunakan biaya sendiri.

“Sudah sepantasnya beliau mendapatkan penghargaan yang besar, dan bukunya dipakai pegangan oleh tururnan kita. Saya berharap semoga beliau panjang umur, sehat selalu dan terus berkarya karena tulisan-tulisan beliau masih ditunggu oleh generasi selanjutnya,” ucap Aam.

Aam juga menambahkan bahwa sangat penting bagi kita untuk memiliki kesadaran dalam mengenal budaya sunda. Karena dengan hal tersebut maka akan menumbuhkan rasa cinta dan semangat untuk terus melestarikannya. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU