22.4 C
Indonesia
Saturday, 3 December 2022
spot_img

MPLS Berkarakter untuk Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2018/2019 di SDN 012 Babakan Ciparay Bandung….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — DIMULAI sejak hari Senin 16 s/d Sabtu 21 Juli 2018.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Berkarakter (Implementasi Pengembangan Kurikulum Bandung Masagi). Dan Model Blok Pendidikan Kepramukaan) (Implementasi Kurikulum 2013 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib).

Bagi Peserta Didik Baru di SDN 012 Babakan Ciparay Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019.

Bahkan di sekolah ini diterapkan juga Budaya 3S (Senyum, Salam, Sapa) Budaya Antri, Karakter Disiplin.

Penyambutan Peserta Didik Baru oleh Kepala Sekolah, Guru Kelas 1, dan Kakak Kelas.

  1. Peserta didik baru datang didampingi oleh orangtua masing-masing
  2. Peserta didik baru diminta untuk berbaris di lapangan dengan teman-teman lainnya sedangkan orangtua diarahkan untuk melihat dari selasar kelas/ samping lapangan dibantu oleh kakak kelas
  3. Setelah terkondisikan, Kepala Sekolah memberikan sambutan selamat datang kepada Peserta Didik Baru.
  4. Peserta didik baru diperkenalkan seluruh warga sekolah dari mulai kepala sekolah, guru, staff TU, dan Penjaga Sekolah
  5. Peserta Didik diarahkan untuk masuk ke dalam ruangan kelas.

Dimulai dengan absensi Peserta Didik Baru, Karakter Disiplin Guru kelas 1 menyebutkan nama-nama peserta didik baru yang dijawab dengan kata “siap hadir” oleh peserta didik baru secara bergantian. Absensi Peserta Didik Baru seluruhnya                Guru Kelas 1. Dilanjutkan Do’a bersama mengawali kegiatan Pembiasaan Rutin Keagamaan         Peserta didik baru membacanya secara bersama-sama yang dipimpin oleh guru kelas Membaca : 1. Al Fatihah, 2. QS. Al Ikhlas, 3. QS. Al Falaq, 4. QS. An Nass.

Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya  Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Nasionalisme/Patriotisme Peserta didik baru menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dipimpin dan dibimbing oleh Guru Kelas 1. Perkenalan dengan teman sekelas Berkarakter Berani Peserta didik saling berkenalan dengan sesama teman.

Selanjutnta pengumuman dan berdoa setelah kegiatan Karakter Disiplin Peserta didik baru diminta untuk membawa :

  1. Sikat gigi dan lap tangan untuk besok hari kegiatan PHBS.
  2. WAJIB Bawa Tubler.

Kemudian berdo’a setelah kegiatan Pembiasaan Rutin Keagamaan Membaca QS. Al Asr dan dilakukan Budaya 3S (Senyum, Salam, Sapa) Budaya Antri, Karakter Disiplin.

Bahkan ada yang menarik yaitu diperkenalkan juga, kepada para peserta didik baru berupa alat permainan tradisional. Seperti 1. Congklak, 2. Kelereng, 3. Karet, 4. Samping, 5. Bola Bekel, 6. Gansing, 7. Batok kelapa, 8. Congklak, 9. Samping, 10. Karet, 11. Kelereng.

Selain itu diperkenalkan juga “Kaulinan  Urang Lembur”. Seperti 1. Babalonan, 2. Peupeusingan, 3. Maen Karet, 4. Paciwit-ciwit lutung, 5. Endog-endogan.

Tidak lupa ada juga Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)       Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Peserta didik diarahkan untuk mencuci tangan secara kelompok dan membuka bekal makanan tradisional yang dibawa dari rumah.

Kegiatan Kepramukaan : Peserta didik baru diarahkan untuk mengikuti kegiatan Kepramukaan, yaitu : 1. Belajar berbaris, 2. Memeriksa Kerapihan Pakaian, 3. Games.

Begitupun untuk Kegiatan Ekstrakurikuler, yaitu : 1. Paskibra, 2. Pencak Silat, 3.Organ, 4. Seni Tari, 5. Mading/Jurnalistik, 6. BTAQ, 7. Marawis, 8. Taekwondo.

“Alhamdulillah semua kegiatan yang diberikan kepada para peserta didik baru ini. Akan menjadi bekal buat semuanya dan saya secara pribadi dan atas nama sekolah serta Dinas Pendidikan. Akan terus meningkatkan dari berbagai aspek, demi peningkatan mutu pendidikan,” papar Dra. Minasari, M.M.Pd, Kepala Sekolah SDN 012 Babakan Ciparay kota Bandung. (HKS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU