22.4 C
Indonesia
Sunday, 27 November 2022
spot_img

Pangdam III/Siliwangi Mengajak Seluruh Masyarakat, Agar Membangun Perjuangan Dengan Simbol Gobang, Webagai Pangkal Perjuangan

KOTA CIMAHI, BEREDUKASI.COM – PANGDAM III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo pimpin Upacara Peringatan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di Lapangan Manunggal Brigif 15 Kujang II Kota Cimahi Jawa Barat, Rabu, 5 Oktober 2022.

Upacara Peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022 mengusung tema :TNI Adalah Kita’. Bertindak sebagai Komandan Upacara Danyonif 312/KH Letkol Inf Dede Hermawan dan bertugas sebagai pengucap Sapta Marga adalah Letda Pom Christa K, sementara yang menjadi pendamping pengucap SM Letda Arm Hafid Bahtiar dan Letda Laut (P) Iwan Setiawan.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen seusai mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., di Brigif 15 Kujang II, Cimahi. Jawa Barat.

Lanjut dikatakannya, pada upacara tersebut juga dilaksanakan penganugerahan Tanda Kehormatan Negara yaitu Satya Lencana XXIV Tahun kepada Kapten Cba Gunawan (TNI AD), Satya Lencana XVI Tahun kepada Koptu Mar Asep Y (TNI AL) dan Satya Lencana VIII Tahun Praka Ruslan (TNI AU).

Selain itu, sesaat sebelum Pangdam III/Slw memimpin upacara peringatan HUT ke-77, Pangdam III/Slw beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo juga menyempatkan untuk mendampingi peleton terakhir napak tilas Yonif 312/KH yang membawa simbol napak tilas beserta Gobang Perjuangan, berjalan dari Kodim 0609/Cimahi hingga Lapangan manunggal Brigif 15/Kujang II.

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Pangdam III/Slw, mengatakan bahwa TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat. Dari hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) pada tanggal 22 Juni 2022, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%.

Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Lembaga Hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%. Demikian juga hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93,5%.

Di akhir amanat, Panglima TNI mengimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas Pokok TNI.

Sementara itu di tempat yang sama, seusai pelaksanaan upacara HUT TNI, Pangdam III/Slw kepada awak media menyampaikan harapannya. Agar seluruh matra di Jawa Barat bisa melihat ke dalam, mencari solusi untuk menguatkan kembali serta saling melengkapi, kemudian dilanjutkan dengan melihat ke luar. Karena sebelum menyelesaikan permasalahan di luar sana, maka satuan harus membangun dan menguatkan internnya sendiri.

Terkait Gobang Perjuangan, Pangdam menjelaskan bahwa Gobang merupakan suatu simbol perjuangan. Keberadaanya disosialisasikan dari awal mulai proses pembuatan, pemindahan dari satu tempat ke tempat lain kepada masyarakat. Hal tersebut dimaksudkan untuk membangun semangat berjuang serta menginspirasi persatuan kembali.

Pangdam mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah Jawa Barat, agar membangun perjuangan ini dengan simbol Gobang, dimana Gobang tersebut dikenal sebagai Pangkal Perjuangan.

Turut hadir pada upacara tersebut, Kapolda Jawa Barat, Gubernur Jabar, Danpussenarhanud, Mayjen TNI (Purn) Karev Marpaung, S.Sos., M.M., Wadan Kopasgat, Kaskogartap ll/Bandung, Kabinda Jabar, Kadisjasad, Danpusdikpassus, para Dan Pusdik Jajaran Kodiklatad, Danlanud Husein Sastra Negara, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, Dan/Kabalakdam III/Slw, Danbrigif 15 Kujang II, Walikota Cimahi, Dandim 0609/Cimahi, Dandim 0604/Karawang, serta Kapolres Cimahi. (Mir).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU