22.4 C
Indonesia
Friday, 27 January 2023
spot_img

Pekan Ini, “Si Kasep” Mulai Menjaring Calon Kepsek……!

Bandung, BEREDUKASI.Com — SISTEM Seleksi Kepala Sekolah atau “Si Kasep”, secara resmi akan diluncurkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung. Pada Rabu (28/11/2018) mendatang.

“Si Kasep” akan menjaring guru-guru di Kota Bandung yang memiliki potensi menjadi Kepala Sekolah (Kepsek).

Sekretaris Disdik Kota Bandung, Mia Rumiasari saat menjadi pembina apel mulai bekerja di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (26/11/2018). Mengatakan, proses seleksi kepala sekolah di Kota Bandung sedang berlangsung. Pekan ini memasuki tahap ketiga yaitu Tes Substansi.

“Tercatat ada 580 orang pendaftar untuk tiga jenjang pendidikan yakni Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dari pendaftar tersebut, terjaring 264 pendaftar untuk melanjutkan ke tahap ketiga, yaitu Tes Substansi,” katanya.

Pada apel yang juga dihadiri Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna serta Kepala Perangkat Daerah dan karyawan/karyawati di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tersebut. Mia mengatakan, seleksi melalui “Si Kasep” mampu menghasilkan calon Kepala Sekolah yang Profesional dan Akuntabel.

“Mereka yang terjaring melalui seleksi kali ini, diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan Kepala Sekolah di tiga jenjang hingga tahun 2022 mendatang,” terangnya.

Lebih lanjut Mia menjelaskan, sebagai prasyarat untuk menjadi Kepala Sekolah. Seorang guru harus memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) yang diperoleh melalui Pendidikan dan Pelatihan pasca lolos seleksi Kepala Sekolah.

Persiapan matang dilakukan untuk memenuhi ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 tahun 2018 yang menyatakan, bahwa kekosongan jabatan Kepala Sekolah yang diisi Pelaksana Tugas (Plt), tidak boleh lebih dari enam bulan.

“Secara bertahap mereka yang terjaring seleksi, akan didaftarkan Diklat. Terakhir kali kami menyelenggarakan Diklat tahun 2016 di Solo. Tahun depan kami berharap dapat menyelenggarakan Diklat di Kota Bandung dengan mendatangkan para narasumbernya kesini,” bebernya.

Saat ini jumlah sekolah Negeri di Kota Bandung sebanyak tiga TK Negeri, 274 SD Negeri dan 57 SMP Negeri serta lima rintisan SMP Negeri. (Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU