23.4 C
Indonesia
Tuesday, 31 January 2023
spot_img

Pelaksanaan UNKP SD dan USBN SMP Tahun 2019 di SLBN A Kota Bandung…….!

Bandung, BEREDUKASI.Com — SLBN A Kota Bandung sejak Senin (22/4/19) melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Untuk SD.

Kepala SLBN A Kota   Bandung, Wawan, M.Pd menyatakan bahwa   pada UNKP dan USBN tahun ini. Telah disiapkan soal-soal braille yang dicetak oleh Kementerian Pendidikan RI. Sehingga dapat dibaca langsung oleh setiap peserta didik secara mandiri.

“Kami panitia harus melayani setiap peserta didik dalam keadaan apapun dengan layanan yang dimodifikasi. Sesuai dengan jenis hambatannya karena mereka memiliki hak yang sama seperti peserta didik lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Wakasek Bidang Humas Dan Advokasi SLBN A kota Bandung, Dr. Y. Tri Bagio  menegaskan bahwa secara umum  peserta didik telah siap  mengikuti USBN.

“Sebelumnya siswa telah dipersiapkan melalui kegiatan pengayaan dan  “try out” mencakup semua mata pelajaran yang diujikan, diharapkan mereka dapat lulus semua dan dapat melanjutkan ke jejang yang lebih tinggi,” terangnya.

Untuk peserta didik SMP kelas IX yang berjumlah 11 orang, terbagi menjadi 2 ruangan yaitu ruang I : 8 peserta, ruang II : 3 peserta, seluruhnya adalah peserta didik penyandang single Fisability (satu hambatan).

Adapun UNKP dilaksanakan selama 4 hari dengan jadwal: hari Senin, 22 April 2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa, 23 April 2019 mata pelajaran Matematika; Rabu, 24 April 2019 mata pelajaran  Bahasa Inggris; dan Kamis, 25 April 2019 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Pada hari yang sama juga dilaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 berjumlah  5 peserta didik kelas 6 yang terbagi menjadi  2 ruangan,  yakni Ruang 16: 4 peserta Single Disability (Totaly Blind), ruang 22 : 1 peserta MDVI “low vision”.

USBN dilaksanakan  selama  3 hari dengan jadwal: hari Senin, 22 April 2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia; Selasa, 23 April 2019 mata pelajaran Matematika; dan Rabu, 24 April 2019 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) A Kota Bandung merupakan sekolah legenda yang menangani peserta didik tunanetra terletak di Jl. Pajajaran No.50–52 Bandung. Memiliki visi “Resource Centre” untuk mewujudkan anak berkebutuhan khusus yang terampil, kreatif, cerdas, mandiri, beriman, bertaqwa, serta berakhlak mulia melalui manajeman Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus yang terbuka dan berkualitas pada tahun 2020. (Tiwi Kasavela)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU