22.4 C
Indonesia
Saturday, 1 October 2022
spot_img

Perhelatan Porda dan Peparda, Bukan Hanya Sekadar Event Olahraga Tahunan….!

Kabupaten Bogor, BEREDUKASI.Com — GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka secara resmi Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke XIII dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) V Jabar Tahun 2018. Porda diikuti 9.489 atlet dan 4.666 official dari 27 Kabupaten/Kota.

Porda akan berlangsung dari tgl 6 s/d 15 Oktober 2018 ini. Akan mempertandingkan 60 Cabang Olahraga dengan 879 nomor pertandingan. Total medali yang diperebutkan 3.063 yang terdiri dari 879 Medali Emas, 879 Medali Perak dan 1.305 Medali Perunggu.

Gubernur berharap, Porda dan Peparda tidak hanya menjadi ajang olahraga tahunan saja. Lebih jauh, event ini bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya generasi olahraga Jawa Barat yang penuh dengan prestasi Juara Lahir dan Batin.

“Saya berpesan agar motto yang diusung yaitu tanding, sportif dan juara. Sejatinya harus menjadi nilai yang harus dijunjung tinggi semua pihak,” kata Emil, dalam sambutannya saat pembukaan Porda dan Peparda Jabar 2018 yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu.

“Sehingga perhelatan Porda dan Peparda, bukan hanya sekadar event olahraga tahunan. Tetapi menjadi ajang untuk melahirkan insan-insan olahraga yang bersemangat tinggi dan menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran,” lanjutnya.

Melalui event Porda dan Peparda ini, Emil juga berharap Jawa Barat bisa mempertahankan prestasinya. Sebagai Juara Umum. Dan kita do’akan, agar di PON tahun 2020 di Papua menjadi Juara Umum juga,” harap Emil.

Porda Terbesar Sepanjang Sejarah

Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, bahwa berdasarkan catatan Koni Jawa Barat Porda XIII ini merupakan Porda terbesar. Karena mempertandingkan 60 Cabang Olahraga dengan 879 nomor pertandingan.

“Berdasarkan catatan historis dari Koni Jawa Barat, Insya Allah penyelenggaraan Porda ketiga belas ini. Sebagai Porda terbesar dan terbanyak di Jawa Barat, bahkan mungkin di Indonesia,” kata Nurhayanti.

Tema Porda kali ini yaitu “Mengukir Prestasi di Bumi Tegar Beriman Menuju Jawa Barat Berjaya di Tanah Nusantara pada PON 2020 di Papua”.

Nurhayanti berharap Porda di Kabupaten Bogor akan sukses dan menularkan semangat untuk para atlet seperti ajang Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Serta sebagai refleksi sukses PON 2016 di Jabar.

Kabupaten Bogor bertekad menjadi “tuan rumah” yang baik dalam penyelenggaraan Porda XIII ini. Untuk mewujudkan komitmen ini, Pemkab Bogor mencanangkan Panca Sukses Porda yaitu Sukes Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukes Administrasi, Sukses Ekonomi Kerakyatan dan Sukses Budaya. (HKS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERBARU